LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING |
Sebelum membahas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning, berikut ini
penjelasan tentang Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. Dalam
Permendikbud No.22 tahun 2016 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersama
dengan discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikan
sebagai “bertanya tentang” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai
“tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini memiliki dua proses utama.
Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskan
pertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap,
menemukan (to discover) jawaban atas pertanyaan mereka melalui serangkaian
kegiatan penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).
Inquiry/discovery merupakan
proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses
berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasil
dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi.
Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses fasilitasi kegiatan penemuan
(inquiry) agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui
penemuannya sendiri (discovery).
Tujuan pertama
Inquiry/Discovery Learning adalah agar Peserta didik mampu merumuskan dan
menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. Dengan
kata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan untuk membantu Peserta didik
berpikir secara analitis. Tujuan kedua adalah untuk mendorong Peserta didik
agar semakin berani dan kreatif berimajinasi. Dengan imajinasi Peserta didik
dibimbing untuk mengkreasi sesuatu menggunakan pengetahuan yang diperolehnya.
Penemuan ini dapat berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yang telah ada,
maupun menciptakan ide, gagasan, atau alat yang belum ada (Anam, 2015:9).
Proses mengumpulkan data,
mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalam
Inquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi untuk
mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan. Peserta didik perlu
mengalami bagaimana menarik simpulan ilmiah berdasarkan pengamatan atas
faktafakta dan sekumpulan data yang diperoleh.
Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery
Learning ? Berikut ini penjelasan singkat tentang Langkah-Langkah Model
Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), pada
dasarnya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1.
Merumuskan pertanyaan
Merumuskan
pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2.
Merencanakan
Merencanakan
prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3.
Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan
mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan kegiatan
menganalisisnya.
4.
Menarik simpulan
Menarik
simpulan-simpulan (jawaban atau penjelasan ringkas)
5.
Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan
hasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk
dicari jawabnya.
Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery
Learning. Terima kasih, selamat berinovasi semoga sukses.
mantap sekali
terima kasih
Terimakasih
terima kasih