PENGERTIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY

Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY / DISCOVERY LEARNING

Sebelum membahas Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry  / Discovery Learning, berikut ini penjelasan tentang Model Pembelajaran Inquiry / Discovery Learning. Dalam Permendikbud No.22 tahun 2016 dikatakan pembelajaran inquiry disebut bersama dengan discovery. Dalam Webster’s Collegiate Dictionary inquiry didefinisikan sebagai “bertanya tentang” atau “mencari informasi”. Discovery disebut sebagai “tindakan menemukan”. Jadi, pembelajaran ini memiliki dua proses utama. Pertama, melibatkan Peserta didik dalam mengajukan atau merumuskan pertanyaan-pertanyaan (to inquire), dan kedua, Peserta didik menyingkap, menemukan (to discover) jawaban atas pertanyaan mereka melalui serangkaian kegiatan penyelidikan dan kegiatan-kegiatan sejenis (Sutman, et.al., 2008).

Inquiry/discovery merupakan proses pembelajaran yang didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir secara sistematis. Pengetahuaan bukan sekedar sekumpulan fakta hasil dari mengingat, akan tetapi hasil dari proses menemukan atau mengkonstruksi. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan proses fasilitasi kegiatan penemuan (inquiry) agar peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui penemuannya sendiri (discovery).

Tujuan pertama Inquiry/Discovery Learning adalah agar Peserta didik mampu merumuskan dan menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana,bagaimana, mengapa, dsb. Dengan kata lain, Inquiry/Discovery Learning bertujuan untuk membantu Peserta didik berpikir secara analitis. Tujuan kedua adalah untuk mendorong Peserta didik agar semakin berani dan kreatif berimajinasi. Dengan imajinasi Peserta didik dibimbing untuk mengkreasi sesuatu menggunakan pengetahuan yang diperolehnya. Penemuan ini dapat berupa perbaikan atau penyempurnaan dari apa yang telah ada, maupun menciptakan ide, gagasan, atau alat yang belum ada (Anam, 2015:9).

Proses mengumpulkan data, mengamati, dan meringkas informasi, khususnya data numerik dalam Inquiry/Discovery Learning, efektif dalam merangsang diskusi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diinginkan. Peserta didik perlu mengalami bagaimana menarik simpulan ilmiah berdasarkan pengamatan atas faktafakta dan sekumpulan data yang diperoleh.

Bagaimana Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning ? Berikut ini penjelasan singkat tentang Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Menurut Sutman, (2008:52), pada dasarnya sintaks Inquiry/Discovery Learning terdiri dari lima langkah, yakni
1. Merumuskan pertanyaan
Merumuskan pertanyaan, masalah, atau topik yang akan diselidiki.
2. Merencanakan
Merencanakan prosedur atau langkah-langkah pengumpulan dan analisis data. Langkah
3. Mengumpulkan dan menganalisis data
Kegiatan mengumpulkan informasi, fakta, maupun data, dilanjutkan dengan kegiatan menganalisisnya.
4. Menarik simpulan
Menarik simpulan-simpulan (jawaban atau penjelasan ringkas)
5. Aplikasi dan Tindak lanjut
Menerapkan hasil dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabnya.

Demikian info singkat Langkah-Langkah Model Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning. Terima kasih, selamat berinovasi semoga sukses.





= Baca Juga =



4 comments:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter