Download Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran) guru BK (Bimbingan dan Konseling). Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui
Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui
Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan (Ditjen
GTK) untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini
dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir
tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan
berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan
melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.
Fokus pembahasan Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) guru BK (Bimbingan Dan Konseling) adalah
self-instruction dengan target mampu
mengembangkan sikap tentang
kehidupan mandiri secara emosional
melalui layanan Bimbingan
Kelompok dengan menggunakan teknik self-instruction dalam
rangka mereduksi kecemasan menghadapi ujian nasional.
Mengutip isi buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi
Pembelajaran) guru BK (Bimbingan dan Konseling), dinyatakan bahwa Definisi
self-instruction menurut Bryan
& Budd (1982:259) yaitu “self instruction is a procedure designed to
enhance an individual’s self-control through verbal statements that prompt, guide,
and maintain nonverbal actions”. Self- instruction merupakan
prosedur yang dirancang untuk meningkatkan kendali diri secara tersendiri/mandiri melalui pernyataan-pernyataan verbal yang mendorong, membimbing dan memelihara tindakan-tindakan non-verbal. Blackwood, Dubey & O’Leary, dan Vygotsky (Chang Tang, 2006) mengemukakan self-instruction approach
is to emply
verbally mediated training to enhance self-control via the use of the
self-verbalizations as discriminative stimuli and reinforcers during the performance of a task. Pendekatan
self-instruction yaitu menggunakan pelatihan mediasi verbal untuk meningkatkan kendali diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai penguat selama melaksanakan tugas. Kendell & Braswell (1985) menambahkan self-instruction merupakan pernyataan-pernyataan pengarahan diri yang menerapkan strategi
berpikir untuk anak
dengan mengurangi area (pemikiran negatif) dan pada gilirannya sebagai bimbingan bagi anak
dalam menindaklanjuti
penyelesaian proses-proses pemecahan masalah. Self-instruction menggambarkan keinginan untuk merinci proses-proses (pemecahan masalah) ke dalam tahapan-tahapan tersendiri dan karena itu, setiap self-instruction menunjukkan satu tahap penyelesaian masalah.
Selengkapnya untuk literasi
Anda para guru BK di seluruh tanah air, silahkan download dan baca Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) BK (Bimbingan dan Konseling) melalui
link di bawah ini.
Link download Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru BK (Bimbingan dan Konseling)
----disini----
Demikian informasi
tentang Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru BK (Bimbingan dan Konseling). Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.