PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)

16 July 2019

DOWNLOAD BUKU MATERI PKP GURU BK (BIMBINGAN DAN KONSELING)

| 16 July 2019
 Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran) BK (Bimbingan dan Konseling)

Download Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran) guru BK (Bimbingan dan Konseling). Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan  melalui  Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran  Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melalui  Direktorat  Jenderal  Guru dan  Tenaga  Kependidikan (Ditjen  GTK) untuk  meningkatkan  kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan  berpikir  tingkat tinggi atau Higher Order Thinking  Skills (HOTS). Keterampilan  berpikir  tingkat  tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan  dengan  melibatkan  aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.


Fokus pembahasan Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran) guru BK (Bimbingan Dan Konseling) adalah self-instruction dengan target mampu  mengembangkan  sikap  tentang  kehidupan  mandiri secara  emosional  melalui  layanan  Bimbingan  Kelompok  dengan menggunakan  teknik self-instruction  dalam  rangka  mereduksi  kecemasan menghadapi ujian nasional.

Mengutip isi buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran) guru BK (Bimbingan dan Konseling), dinyatakan bahwa Definisi self-instruction menurut  Bryan  &  Budd  (1982:259) yaitu  “self instruction is a procedure designed to enhance an individual’s self-control through verbal  statements that  prompt,  guide,  and  maintain  nonverbal actions”.   Self- instruction merupakan  prosedur yang dirancang untuk meningkatkan kendali diri secara tersendiri/mandiri  melalui  pernyataan-pernyataan verbal yang mendorong, membimbing dan memelihara tindakan-tindakan non-verbal. Blackwood, Dubey & O’Leary, dan Vygotsky (Chang Tang, 2006) mengemukakan self-instruction approach  is  to  emply  verbally mediated training to enhance self-control via the use of  the  self-verbalizations as discriminative stimuli and reinforcers  during the performance of a task. Pendekatan self-instruction  yaitu  menggunakan pelatihan mediasi verbal untuk meningkatkan kendali diri dengan menggunakan verbalisasi diri sebagai  penguat selama melaksanakan tugas. Kendell & Braswell (1985) menambahkan self-instruction merupakan pernyataan-pernyataan pengarahan diri yang menerapkan  strategi  berpikir  untuk  anak  dengan mengurangi area (pemikiran negatif)  dan pada gilirannya sebagai bimbingan bagi  anak  dalam  menindaklanjuti penyelesaian  proses-proses  pemecahan masalah. Self-instruction menggambarkan keinginan untuk merinci proses-proses (pemecahan masalah) ke dalam tahapan-tahapan tersendiri dan karena itu, setiap self-instruction menunjukkan satu tahap penyelesaian masalah.

Selengkapnya untuk literasi Anda para guru BK di seluruh tanah air, silahkan download dan baca Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) BK (Bimbingan dan Konseling) melalui link di bawah ini.




Link download Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru BK (Bimbingan dan Konseling) ----disini----

Demikian informasi tentang Buku Materi PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru BK (Bimbingan dan Konseling). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.

= Baca Juga =



Related Posts

No comments:

Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

online in blog