DOWNLOAD BUKU PKP GURU PPKN SMP EDISI 2019/2020

 Modul atau Buku PKP Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020

Download – Unduh Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 unit materi Pancasila. Peningkatan Kompetensi  Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi merupakan  salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui  Direktorat  Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat  tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Materi Modul atau Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 ini adalah Pancasila. Salah satu bagi dari matri ini ada unit  pembelajaran yang  berjudul  “Perumusan  dan  Penetapan  Pancasila sebagai Dasar Negara” ini disusun  sesuai kompetensi  dasar  mata  pelajaran Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan  jenjang  SMP  kelas  VII yang termuat  dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  37 Tahun 2018. Adapun kompetensi dasar tersebut sebagai berikut. 
1.1 Bersyukur  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  atas  semangat  dan komitmen para  pendiri  negara  dalam  merumuskan  dan  menetapkan  dasar  negara Pancasila
2.1 Mengembangkan  sikap  bertanggung  jawab  dan  berkomitmen  sebagai warga  negara  Indonesia  seperti  yang  diteladankan  para  pendiri  negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
3.1 Menganalisis  proses  perumusan  dan  penetapan  Pancasila  sebagai  dasar negara
4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negar Penyusunan unit pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogic dan profesioal guru dalam mengajarkan kompetensi dasar tersebut, serta sebagai  bahan  belajar  mandiri bagi  peserta  didik untuk  meningkatkan hasil  belajar. Selama  mempelajari unit pembelajaran  ini, guru dan  peserta didik  didorong untuk mengaitkan antara  kompetensi  dasar yang harus dikuasai  oleh  siswa dengan kondisi nyata yang terjadi  di dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kelebihan Modul atau Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 adalah adanya contoh Aplikasi Konsep PPKn di dunia nyata. Dalam pengantar buku digambarkan bahwa Memori  historis  proses perumusan  dan  penetapan  Pancasila  sebagai dasar negara perlu direfleksikan kembali agar para penerus bangsa dapat menggali dan mampu meneladani semangat  dan komitmen  kebangsaan  para  pendiri negara  (founding  fathers).  Peristiwa  proses  perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara jika dianalisis bukan sekedar suatu peristiwa masa  lampau, namun di balik  peristiwa  tersebut mengandung makna yang dalam  berupa  semangat  dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan  Pancasila  sebagai  dasar  negara.  

Kontekstualisasi semangat dan komitmen para pendiri Negara di era sekarang dapat  diwujudkan  dalam  bentuk sikap  dan perilaku  sebagai  berikut: mengutamakan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme; adanya rasa memiliki  terhadap bangsa  Indonesia;  pantang  menyerah  dan  selalu bersemangat  dalam berjuang;  mendukung dan berupaya  secara aktif mencapai cita-cita bangsa; bersedia  melakukan  pengorbanan  pribadi (rela berkorban). Modul atau Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 menyajikan artikel-artikel yang merupakan contoh perwujudan kontekstualisasi semangat dan komitmen para pendiri negara di era  sekarang di lingkup kehidupan  berbangsa dan bernegara.  Bacalah artikel-artikel berikut ini dengan seksama dan penuh penghayatan.

Selengkapnya silahkan download – unduh Modul / Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 unit materi Pancasila, melalui link yang tersedia di bawah ini.




Link Download – Unduh Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020 ----disini---

Demikian informasi tentang  Download – Unduh Buku PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Guru PPKn SMP Edisi 2019/2020. Terima kasih, semoga bermanfaat. 


= Baca Juga =



1 comment:

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter