CARA MENDAFTARKAN BLOGSPOT KE GOOGLE NEWS

 Cara Mendaftarkan Blogspot ke Google News

Cara Mendaftarkan Blogspot ke Google News. Google News merupakan layanan kompilasi berita yang secara otomatis menampilkan berita dari berbagai media. Google News juga menyediakan layanan pencarian berita dengan hasil pencarian berupa-berita yang sesuai dengan kata kunci. Berita yang muncul di baris pertama hasil pencarian adalah berita yang paling banyak dibaca dan yang terbaru. Meski berita-berita sudah diseleksi secara otomatis, tetapi situs-situs berita yang muncul dalam layanan ini dipilih secara menual oleh pengguna. Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita lama.

Bagaimana  Cara mendaftarkan blogspot (wordpress) ke google news? Google Berita memudahkan pembaca menemukan konten yang relevan dan menarik dengan mempersonalisasi konten yang ditampilkan di tab Untuk Anda. Aplikasi ini menggunakan machine learning agar semakin cerdas merekomendasikan konten yang dipersonalisasi dari waktu ke waktu, menyesuaikan dengan kebiasaan dan rutinitas pengguna.


 Cara mendaftar halaman, url, posting blog (blogspot) atau website di google news

Lalu apakah halaman / url / posting blogspot dapat menjadi bagian dari Google News ? Tentu saja bisa. Untuk menjadi bagian dari Google News, minimal ada 3 (tiga) syarat utama, yakni sebagai berikut:
·        Blog termasuk blogspot atau website harus berisi konten berita: Google Berita berisi konten terbaru tentang peristiwa terkini. Jika situs Anda menawarkan liputan Berita dan jenis konten lainnya, pisahkan konten Berita di subfolder tertentu dan hanya cantumkan subfolder tersebut sebagai Rubrik saat Anda mengajukan penyertaan Google Berita.
·        Konten harus orisinil atau asli: Google berupaya untuk mempermudah pengguna menemukan berita yang asli dan independen. Google Berita sangat menghargai pelaporan asli. Jika situs Anda menampilkan konten bersindikasi, pastikan konten tersebut diatribusi dengan benar dan berisi kurang dari 50% dari keseluruhan konten di situs. Situs yang diterima di Google Berita harus menjadi sumber konten baru dan asli yang penting.
·        Kepemilikan atau kepengarangan situs harus jelas: Pengunjung situs Anda ingin memercayai dan memahami siapa yang memublikasikan berita, serta informasi tentang penulis artikel. Oleh karena itu, sumber berita di Google harus memberikan informasi tanggal, penulis, publikasi, penerbit, perusahaan atau jaringan di baliknya, dan informasi kontak yang jelas. Google Berita berupaya menampilkan berita dari situs yang transparan dengan informasi penulis yang dapat diverifikasi kepada pembaca. Pastikan kepemilikan situs, misi, dan informasi kontak (seperti email, alamat fisik, dan nomor telepon) tersedia. Artikel harus menampilkan informasi penulis. 

Lalu bagaimana Cara mendaftar halaman / url / posting blog (blogspot) atau website di google news. Halaman Anda seperti website maupun blog seperti blogspot berhak tampil di kartu Discover google hanya jika diindeks oleh Google dan memenuhi kebijakan konten Google News. Lalu bagaimana cara mendaftarkan blog (blogspot) atau website di google news ?  Berikut langkah – langkah cara blog (blogspot) atau website mendaftar di google news.


Cara mendaftar Blogspot ke Google News. Berikut Cara mendapatkan blog atau website (termasuk blogspot) ke Google News.  Untuk mendaftar menjadi Google News Publisher versi terbaru saat ini tampilannya cukup berbeda. Untuk versi terbaru saat ini Anda harus mengisi Formulir Pendaftaran Google News Publisher yang meliputi; Tab General, Content, Image, Ads, Advanced, Review & Publis yang akan saya ajarkan satu persatu bagaimana cara mengisinya.

1. Langkah pertama silahkan Akses Halama Web Pendaftaran Google News Publisher Centre di https://publishercenter.google.com/

2. Pada halaman Home Page Publisher Centre Pilih + Add Publication



3. Masukkan Nama Profil Publikasi, bisa dengan Nama/Judul Blog Anda kemudian Klik Save



4. Masukkan Nama Publikasi (Judul Blog), Dekstripsi Blog dan Kategori (Niche Blog)



5. Tentukan bahasa yang digunakan dalam penulisan Konten Postingan Blog Anda, Kemudian masukkan Alamat Domain Blog. Bisa diawali dengan https://www atau www. atau tanpa awalan seperti tampak pada screenshot di bawah ini.


Apabila muncul peringatan Situs belum Diverifikasi, silahkan Klick Verifikasi Kepemilikan Situs, Anda akan dibawa ke halaman Google Search Console, lakukan verifikasi kepemilikan situs terhadap Akun Google yang anda gunakan untuk mendaftar.

6. Pilih Lokasi berdarkan Negara Target Visitor Blog Anda mengikuti bahasa yang digunakan dalam penulisan Konten Blog agar lebih sesuai.

7. Masukkan Akun Google Admin Blog dan beberapa penulis Blog, disarankan tambahkan beberapa Akun Google Penulis Blog yang Aktif untuk meyakinkan bahwa Blog Anda dikelola tidak secara pribadi melainkan oleh Tim yang siap update postingan secara rutin setiap harinya.

8. Tentukan Negara diluar penargetan Visitor (Target Internasional), pilih beberapa negara yang bisa anda targetkan. Berikan izin untuk ketiga kategori yang ada di Google Specific Properties dengan memberikan checklist.

9. Masukkan Kode pelacakan dari Google Analytics Blog dan Buat Tracking Pixel dengan memasukkan URL Blog Anda kemudian Klick Next untuk beralih ke Tab menu selanjutnya.

10. Pada Menu Selection Buat URL Halaman Feed Blog, Anda bisa memasukan URL Feed blog Anda atau Jika Anda memiliki Channel Youtube yang berkaitan dengan Blog silahkan dengan cara Klick New Section kemudian pilih Video.

Untuk Contoh Url  Feed blogspot adalah seperti di bawah ini
https://sampel.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

Jangan lupa untuk menyesuaian/mengganti URL Blog sample denga blog Anda atau mengganti url blog yang dicetak miring dengan blog Anda.

11. Pada menu Content Verification pastikan sudah terisi URL alamat blog Anda dan statusnya Verified, apabila belum teriverifikasi silahkan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian Klick Next

12. Masukkan Square Logo dan Wide Logo mengikuti ketentuan yang ada agar Logo dapat ditampikan, jika ukuran tidak sesuai dengan ketentuan maka setiap kali Anda coba masukkan akan terjadi Error alias gagal, jadi pastikan ukuran logo memenuhi ketentuan.

13. Pada Tab Ads, terlebih dahulu isikan Id Penayangan Akun AdSense anda pada Area Publisher-Managet Ads,  kemudian Klick Save.
Dengan cara di atas barulah pada Account to Receive Payment muncul ID Akun AdSense Anda dan bisa diaktifkan untuk menerima pembayaran nantinya.

14. Untuk menu Advanced saya kurang paham bagaimana cara menerapkan pengaturannya, banyak informasi beredar tahap ini bisa Skip dan tidak akan menjadi masalah dalam proses Review meskipun diabaikan. Bisa juga dengan menambahkan jenis Fonts yang ingin dipakai dengan mengupload file Fonts sesuai dengan selera Anda.

15. Setelah semua Form Pendaftaran selesai diisi, Klick menu Save dan ajukan Review (Peninjauan)

16. Proses pendaftaran Google News Publisher Centre selesai, dan hasilnya kurang lebih seperti screenshot berikut ini:



Muncul informasi tanggal Publikasi dan keterangan bahwa Blog masih dalam kodisi IN REVIEW atau peninjauan oleh Team Google. Jika blog Anda sudah diterima di Google News maka IN REVIEW berubah menjadi LIVE.


Baca Juga Cara agar Blog Atau Website terdapat atau masuk dalam laman discover google.


NB. Domain Blogspot juga bisa masuk ke google news. Untuk sekedar contoh bisa di cek link google news blog saya di bawah ini dan sekalian kalau berkenan agar di follow-ya


Demikianlah informasi tentang Cara mendaftar halaman / url / posting blog (blogspot / (wordpress)) atau website di google news. Semoga blog Anda masuk dan terdaftar sebagai bagian dari google news. Terima kasih.


= Baca Juga =



54 comments:

  1. untuk blogspot domain TLD bisa, mastah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. NB. Domain Blogspot juga bisa masuk ke google news. Untuk sekedar contoh bisa di cek link google news blog saya di bawah ini dan sekalian kalau berkenan agar di follow-ya
      https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPzKmgswltWyAw?oc=3&ceid=ID:id

      Delete
    2. Berapa ukuran logo yg harus di buat pak??
      Untuk logo persegi dan logo lebar??

      Delete
    3. Sepertinya bebas, Untuk yang persegi kalau saya pakai 200 x 160 pixels, sedangkan yang logo lebar saya pakai ukuran 820 x 200 pixels

      Delete
    4. Prediksi squad line up Manchester United
      https://youtu.be/MCmz7J0fCkg

      Delete
  2. punya saya sudah live tap di cek di google news kontenya tidak tampil gimba bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tampil di google news nya sendiri harus memenuhi syarat lain, kayak update setiap waktu atau website berita.

      Jd buat ngakses blog yg udh didaftar di google news cukup share link nya aja. Atau search di pencarian google nees

      Delete
    2. Senasib dengan rekan saya. Sudah diapprove, tapi konten beritanya nggak ada kalau di aplikasi. Anehnya kalau judulnya ada..

      Delete
  3. Awalnya saya ragu untuk mendaftarkan blog saya di google news. Tapi setelah baca postingan ini, saya langsung coba daftarkan blogspot saya dan alhamdulillah cuma dua hari dari in review skrg sudah live. Terima kasih ulasannya pak.

    ReplyDelete
  4. jejak dulu kak, pen coba-coba :D

    ReplyDelete
  5. aduh,,,kok punya saya bukan in review ya,,,tapi tulisan nya draf,,,kenapa itu bos,,,petunjuk boss ku

    ReplyDelete
  6. cara masukin iklan adsense blog di google news nya gimana ya?

    ReplyDelete
  7. URL Feed diatas apa sudah tidak work pak, kok sya terapkan di blog saya gak bisa bisa muncul rubrik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Anda salah penulisan. Coba lagi. Semangaaaaaaaaaaaaat

      Delete
  8. Terimakasih infonya dan Semoga punya saya juga terindex 👍

    ReplyDelete
  9. Sangat membatu https://shrinke.me/Adsz

    ReplyDelete
  10. Mas, kalau blogspot saya bukan tema berita. Apakah bisa di daftarkan ke google news

    ReplyDelete
  11. Mantap pak, informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  12. Terimakasih tutorialnya mudah dipahami Pak..dan akan langsung saya praktikan untuk blog saya rioveskom.web.id semoga diterima

    ReplyDelete
  13. Artikel yang bermanfaat untuk menambah referensi

    ReplyDelete
  14. Jangan lupa kunjungi kami dan rasakan keseruan di Areabetwin
    http://heylink.me/areabetwin

    ReplyDelete
  15. Terimakasih banyak untuk tutorialnya

    ReplyDelete
  16. Bermanfaat sekali artikelnya. Jangan lupa mampir juga ke gubug saya di ardysetyo.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. bermanfaat sekali artikelnya, jangan lupa mampir di artikel saya https://medium.com/@mana777

    ReplyDelete
  18. bermanfaat sekali artikelnya, jangan lupa mampir di artikel saya di
    medium.com/@mana777

    ReplyDelete
  19. 📢#CHANNEL4D NEW ERA 📢📢
    ⭐ Bonus New Member ( SLOT ) 100%

    ReplyDelete
  20. Maaf bang saya mau bertanya saya daftar di google news sudah di terima terus cara buat menu nya supaya semua kategori artikel saya muncul gimana bang cara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada setelan konten, pada rubrik tambah rubrik baru. Upload sitemap berdasarkan label blog

      Delete
  21. 🏆SNIPERJITU🏆 (KOMANDANGRUP)
    BO RECCOMEND DENGAN PROMO BONUS TERBESAR DAN DIBAGIKAN SETIAP HARI
    🏆BIG NEW PROMO SNIPERJITU🏆
    🏆 BONUS SLOT NEW MEMBER 100% 🏆
    🏆BIG PROMO SNIPERJITU🏆
    🎁 BONUS NEW MEMBER TOGEL 20%
    🎁 BONUS NEW MEMBER SLOT 100%
    🎁 BONUS NEXT DEPOSIT 5%
    🎁 BONUS CASH BACK 5%
    🎁 BONUS ROLLINGAN 1% SETIAP HARI DI BAGIKAN
    🎁 BONUS REFFERAL 3%
    🎁 BONUS ROLLINGAN SLOT 1%
    🔰 MININAL DEPOSIT RP.5.000
    🔰 MINIMAL WITHDRAW RP.50.000
    🔰 MINIMAL BET RP.10 PERAK
    LINK DAFTAR : https://heylink.me/Sniperrjitu/

    ReplyDelete
  22. Tonton animasi seru
    https://spring2023-kusonime.blogspot.com/2023/04/watashi-no-yuri-wa-oshigoto-desu-sub.html

    ReplyDelete
  23. https://spring2023-kusonime.blogspot.com/2023/04/watashi-no-yuri-wa-oshigoto-desu-sub.html

    ReplyDelete
  24. baca berita bermutu hanya disini
    https://www.tvonenews.com/mana777

    ReplyDelete
  25. https://www.tvonenews.com/mana777

    ReplyDelete
  26. sangat bermanfaat sekali
    kunjungi juga https://mana777-slot.powerappsportals.com

    ReplyDelete
  27. Pak, apakah index dari google news menampilkan nama blog?
    Misal: cara membuat artikel - judulblog
    Apakah seperti itu pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, terkadang terindex seperti itu, terutama judul yang pendek, tetapi di mesin pencari google tidak seperti itu bisa cek punya saya dengan menulis ainamulyana di tab news pada laman search engine google

      Delete
  28. Artikelnya sangat bermanfaat sekali
    Kunjungi juga link saya
    https://linklist.bio/mana777

    ReplyDelete
  29. Artikel yang sangat bagus sekali
    Kunjungi juga
    https://shopee.co.id/search?keyword=slot88resmi(login%3Amana777top.com)slot88resmi%20slot88resmi(login%3Amana777top.com)slot88resmi

    ReplyDelete
  30. terima kasih pak..
    https://shopee.co.id/search?keyword=slot88(%E6%97%A5%E6%97%A5%3Aaforapk.com)slot88%20slot88slot88%20slot88(%E6%97%A5%E6%97%A5%3Aaforapk.com)slot88resmi

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter