Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 2 SD - MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018-2019. Proses pembelajaran
pada Pendidikan Dasar
dan Menengah (untuk
pelaksanaan Kurikulum 2013) diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 yang dipayungi dengan Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses beserta
lampirannya. Dalam lampiran Peraturan
Menteri tersebut dinyatakan
tentang konsep dasar
mengenai proses pembelajaran yaitu
bahwa peserta didik
dipandang sebagai subjek
yang memiliki kemampuan untuk
secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan.
Sejalan dengan pandangan tersebut, pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang
diberikan kepada peserta
didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses
kognitifnya. Selanjutnya, agar
benar-benar memahami dan
dapat menerapkan
pengetahuan, peserta didik
perlu didorong untuk
bekerja memecahkan masalah,
menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide- idenya.
Buku Siswa dan Buku Guru Kurikulum
2013 Kelas 2 SD/MI edisi revisi 2018-2019, merupakan buku tematik. Buku ini menjabarkan proses pembelajaran yang
akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui
pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka
untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Salah satu sarana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu diperlukan Buku Siswa. Hal ini disebabkan karena Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
Salah satu sarana untuk mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu diperlukan Buku Siswa. Hal ini disebabkan karena Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas pembelajaran. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru. Guru dan peserta didik dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan peserta didik. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
Materi pembelajaran
pada Buku Siswa dan Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 2 SD/MI edisi revisi 2018-2019 memiliki muatan sebagai berikut.
a.
Cakupan KD pada Buku Teks Pelajaran. KD-KD
pada setiap bab
Buku Siswa maupun
Buku Guru tergambar
dengan jelas baik secara
ekplisit maupun implisit. KD
yang dimaksud meliputi KD
pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
b.
Keluasan, kedalaman, kekinian, dan keakuratan materi pembelajaran dalam tiap
bab Buku Siswa dan Buku Guru sesuai dengan cakupan KD.
c.
Contoh materi pembelajaran
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru.
d.
Kelayakan kegiatan pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru. Buku Siswa dan Buku Guru dinyatakan layak jika
materi pembelajaran memuat KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
e.
Kelayakan penilaian dalam tiap bab Buku Siswa dan Guru. Buku Siswa
dan Buku Guru dinyatakan layak
jika terdapat penilaian
untuk mengukur KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
Seperti kita ketahui, bahwa tujuan
guru mengajar adalah untuk menyampaikan informasi atau materi ajar dan juga untuk
mengembangkan kemampuan berpikir siswa.Oleh karena itu agarguru dapat menyampaikan
materi secara baik maka guru dituntut memiliki kemampuan menjelaskan informasi secara
baik pula. Sementara itu agar guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa
maka guru dituntut untuk memiliki kemampuan bertanya yang baik pula. Dengan adanya
Buku Guru dan Buku Siswa diharapkan dapat menjadi pendukung utama dalam membantu
guru menjelaskan sebuah konsep dan juga dapat menjadi pemicu untuk penemuan
konsep itu sendiri melalui pertanyaan yang bermakna.
Untuk membantu Bapak/Ibu
Guru SD yang akan melaksanakan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 berikut ini
admin sharekan Link Download Buku Guru
dan Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018-2019 yang tentu diharapkan masih dapat dipergunakan sebagai buku pelajaran di tahun 2020/2021 ini.
Berikut Link Download Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 2 Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2018-2019 2020
Buku Guru Tematik K13 Kelas 2 SD/MI Edisi
Revisi 2017-2018 Semester 1 dan 2
Buku Guru_PAI dan BP Kelas 2 Revisi 2018-2019 [ Download ]
Buku Siswa_PAI dan BP Kelas 2 Revisi 2018-2019 [ Download ]
Buku Guru - Tema Hidup Rukun edisi Revisi 2017-2018 Download
Buku Guru_PAI dan BP Kelas 2 Revisi 2018-2019 [ Download ]
Buku Siswa_PAI dan BP Kelas 2 Revisi 2018-2019 [ Download ]
Buku Guru - Tema Hidup Rukun edisi Revisi 2017-2018 Download
Buku
Siswa Tematik K13 Kelas 2 SD/MI Edisi Revisi 2017-2018 Semester 1 dan 2
Buku Siswa - Tema Hidup Rukun edisi Revisi 2017-2018 Download
Buku Siswa - Tema Hidup Rukun edisi Revisi 2017-2018 Download
Buku Siswa - Tema Hidup Bersih dan Sehat edisi Revisi 2017-2018 Download
Demikian info tentang Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 2 SD - MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 - 2019, semoga dapat dimanfaatkan dan dapat dipergunakan sebagai buku pelajaran di tahun 2020/2021. Terima kasih.
Tags:
Berita