KISI-KISI SOAL ASESMEN KOMPETENSI PENGAWAS MADRASAH (AKP MADRASAH) TAHUN 2020

Contoh Soal dan Kisi-Kisi Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020

Contoh Soal dan Kisi-Kisi Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020. AKP adalah penilaian terhadap kompetensi pengawas madrasah sebagai bagian penilaian kinerja pengawas madrasah dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan dan jabatannya. Pembinaan dan pengembangan profesi guru, kepala dan pengawas madrasah hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah. Akurasi hasil AKK yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan menjadi bagian dari proses Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).


Kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020 mencakup kemampuan atau kompetensi Manajerial, Kompetensi Supervisi, Kompetensi Evaluasi Pendidikan, dan Kompetensi Penelitian dan Pengembangan


Indikator soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020, pada Kompetensi Supervisi Manajerial mencakup:

a. Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah

b. Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi, misi, tujuan dan program pendidikan di madrasah

c. Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di madrasah.

d. Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di madrasah.

e. Membina kepala madrasah dalam pengelolaan dan administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

f. Membina kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di madrasah.

g. Mendorong guru dan kepala madrasah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan tugas pokoknya di madrasah.

h. Memantau pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala madrasah dalam mempersiapkan akreditasi madrasah.

 

Indikator soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020, pada Kompetensi Supervisi Akademik, mencakup:

a. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, atau mata pelajaran di Madrasah.

b. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik proses pembelajaran/bimbingan di Madrasah.

c. Membimbing guru dalam menyusun silabus mata pelajaran di Madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.

d. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui pelajaran di Madrasah.

e. Membimbing guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran di Madrasah.

f. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi siswa pada tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.

g. Membimbing guru dalam mengelola, merawat, mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas pembelajaran/bimbingan tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.

h. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.

 

Indikator soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020, pada Kompetensi Evaluasi Pendidikan, mencakup:

a. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dalam pembelajaran/bimbingan di Madrasah.

b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.

c. Menilai kinerja kepala madrasah, guru, dan staf Madrasah dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.

d. Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.

e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan mata pelajaran di Madrasah.

f. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja kepala madrasah, kinerja guru, dan staf madrasah.


Indikator soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020, pada Kompetensi Penelitian dan Pengembangan, mencakup:

a. Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan.

b. Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas.

c. Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.

d. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi tugas pokok tanggung jawabnya.

e. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif.

f. Menulis karya tulis ilmiah (PTS) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan.

g. Menyusun pedoman/panduan dan/atau buku/modul yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di madrasah.

h. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di madrasah.


Ruang lingkup Materi Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) adalah:

a) Supervisi Akademik

b) Supervisi Manajerial

c) Evaluasi Pendidikan

d) Penelitian dan Pengembangan

 

Jumlah soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah Tahun 2020) adalah 60 butir. Adapun Komposisi soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah adalah:

1) Supervisi Akademik : 15 butir

2) Supervisi Manajerial : 15 butir

3) Evaluasi Pendidikan : 15 butir

4) Penelitian dan Pengembangan : 15 butir

 

Link download Contoh Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020

Paket 1 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)

Paket 2 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)

Paket 3 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)

Paket 4 Contoh soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madarash (disini)

 

Demikian informasi tentang Kisi-Kisi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP Madrasah) Tahun 2020, semoga bermanfaat. Terima kasih.



= Baca Juga =



Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts



































Free site counter


































Free site counter