Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ini merupakan Panduan bagi peserta seleksi PPPK guru tahun dalam melakukan pendaftaran yang dimulai dari pembuatan akun, ogin Pemilihan Jenis Seleksi dan Pengisian Biodata, sampai melihat Resume Pendaftaran SSCASN dan mencetak kartu pendaftaran.
Buku
Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU Tahun 2021 merupakan
buku versi 01.00 yang diterbitkan pada bulan Juni 2021. Secara umum isi buku
ini hampir sama dengan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi CPNS Tahun 2021, namun
ada perbedaan detail penjelasan terkait fitur Memilih Jenis Seleksi dan
Mendaftar Formasi.
Isi Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU Tahun 2021 membahas Alur
Pendaftaran Seleksi CASN 2021, Hal – Hal Yang Harus Disiapkan, Tata Cara
Pendaftaran CASN 2021 yang meliputi Cara Daftar ke Portal SSCASN, cara Login
Pemilihan Jenis Seleksi dan Pengisian Biodata, cara Memilih Jenis Seleksi dan
Mendaftar Formasi, cara Unggah Dokumen, cara melihat Resume Pendaftaran SSCASN sampai
dengan cara melihat Hasil Seleksi Administrasi.
Apa saja hal – hal yang
harus disiapkan untuk mengikuti Seleksi PPPK Guru tahun 2021. Dalam Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru
(P3K Guru) Tahun 2021, dinyatakan bahwa Sebelum mendaftar ke instansi yang dituju,
pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.
Dokumen tersebut terdiri dari : Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau
Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Ijazah, Transkrip
Nilai, Pas foto, Swafoto/selfie, dan Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis
seleksi dan instansi yang akan dilamar
Berikut ini Tata Cara Pendaftaran Seleksi PPPK Guru
(P3K Guru) Tahun 2021, berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru
(P3K Guru) Tahun 2021, yakni sebagai berikut.
1.
Pelamar harus masuk ke portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id
2.
Pelamar diwajibkan untuk memahami tata cara dan syarat pendaftaran dengan
teliti.
3.
Terdapat beberapa menu yang tersedia pada portal SSCASN 2021 terdiri dari Home,
Alur, Registrasi, FAQ, Helpdesk dan Layanan Informasi
4.
Dari menu Layanan Informasi, lalu klik Info Lowongan untuk mencari informasi
terkait Instansi, Jabatan, Lokasi Penempatan, Pendidikan, Jenis Formasi, dan
Jumlah Formasi yang tersedia untuk dilamar.
5.
Klik Alur untuk melihat tata cara pendaftaran Seleksi CASN 2021. Pelamar wajib membaca
dengan teliti dan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yang tertinggal
sebelum melanjutkan ke proses pendaftaran.
6.
Pelamar hanya dapat melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi di 1
(satu) instansi pada 1 (satu) jenis seleksi.
7.
Untuk melanjutkan ke proses pendaftaran, klik dan akan tampil halaman
Pendaftaran Akun SSCASN 2021
8.
Klik Helpdesk untuk bantuan dan pengaduan.
9.
Klik FAQ untuk mencari permasalahan terkait SSCASN.
Cara Daftar ke Portal SSCASN
dalam Pendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021. Apabila pelamar siap
untuk mendaftar, langkah-langkahnya adalah :
1.
Klik BUAT AKUN dan akan muncul tampilan Langkah 1 : Pengecekan Identitas
2.
Langkah ini bertujuan untuk mencocokkan data pelamar dengan database Disdukcapil.
3.
Masukkan sesuai KTP data-data berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor
Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Apabila muncul Pesan
Galat NIK dan No KK tidak sesuai, silahkan ikuti instruksi pada Pesan Galat, BUKAN
menghubungi instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi
Nasional (Panselnas).
4.
Masukkan Nomor Handphone dan Email Pribadi yang aktif
5.
Masukkan kode CAPTCHA.
6.
Setelah data di atas dimasukan, klik LANJUTKAN untuk proses selanjutnya. Maka
akan muncul tampilan Langkah 2 : Lengkapi Data.
7.
Langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan di Ijazah.
Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang
terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, dan
Tanggal Lahir. Pastikan bahwa Anda mengisi data tersebut dengan benar.
8.
Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP sudah terisi
otomatis.
9.
Masukkan Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota
Lahir (sesuai Ijazah), dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah). Khusus kolom Kab/Kota
Lahir, cukup ketikkan beberapa karakter pertama saja kemudian klik salah satu
dari pilihan yang tersedia (autocomplete).
10.
Pilih Jenis Kelamin yang sesuai
11.
Unggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik CHOOSE FILE,
cari foto yang akan diunggah, kemudian klik OPEN . Setelah foto berhasil
terunggah, maka akan muncul notifikasi. Pelamar dapat memilih KLIK INI untuk
mengunggah ulang scan KTP
12.
Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan di web dengan mengklik CHOOSE FILE, cari
foto yang akan diunggah, kemudian klik OPEN. Setelah foto berhasil terungga,
maka akan muncul notifikasi. Pelamar dapat memilih KLIK INI unuk mengunggah
ulang swafoto
13.
Data lain yang perlu diisi adalah :
a) Password
dan Konfirmasi Password
Masukan
password yang mudah diingat.
Harap
mencatat dan menyimpan password Anda karena akan digunakan untuk login
pendaftaran SSCN
b) Pertanyaan
Pengaman 1
Pilih
pertanyaan pengaman Anda
c) Jawaban
Pengaman 1
Masukan
jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih.
Harap
mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda
d) Pertanyaan
Pengaman 2
Pilih
pertanyaan pengaman Anda
e) Jawaban
Pengaman 2
Masukan
jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih.
Harap
mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda
f) CAPTCHA
Masukan
kode CAPTCHA.
14.
Pastikan Anda mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Data yang telah
disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah.
15.
Selanjutnya klik LANJUTKAN . Maka akan muncul tampilan Langkah 3 : Pengecekan
Ulang Data seperti berikut :
16.
Pada tahap ini, pendaftar HARUS melakukan pengecekan ulang terhadap Swafoto;
NIK; Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai KTP); Nama Lengkap, Tempat
Lahir, Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah); Email; dan Nomor Handphone. Jika nantinya
terdapat kesalahan penulisan setelah proses pendaftaran, maka peserta TIDAK
DAPAT memperbaiki kesalahan penulisan.
17.
Klik KEMBALI jika terdapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untuk
diperbaiki, dan klik PROSES PENDAFTARAN AKUN untuk memproses pendaftaran akun
18.
Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah
data yang diinput sudah sesuai atau belum, klik YA atau TIDAK
19.
Jika sudah sesuai, maka akan muncul tampilan Informasi cetak Kartu Informasi
Akun
20.
Untuk mencetak Kartu Informasi Akun, pilih menu CETAK INFORMASI PENDAFTARAN.
21.
Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, pelamar dapat melanjutkan tahap selanjutnya.
Berikut ini Tata Cara Login Pemilihan Jenis Seleksi dan
Pengisian Biodata Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan Buku
Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021, yakni sebagai
berikut.
1.
Setelah pelamar berhasil membuat akun, akses https://sscasn.bkn.go.id kemudian
klik tombol LOGIN yang tertera di sudut kanan atas, atau klik tombol LANJUTKAN LOGIN
PENDAFTARAN setelah pelamar mencetak Kartu Informasi Akun.
2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu klik MASUK, maka akan muncul tampilan 1. Pengisian Biodata.
HARAP
MEMBACA seluruh info dan himbauan yang tercantum di web. Sebelum melanjutkan
proses login, pastikan pendaftar :
a.
Mengakhiri pendaftaran sampai tahapan terakhir (RESUME) agar berkas dapat
diverifikasi oleh instansi
b.
Tidak diperkenankan mengubah data setelah mengakhiri pendaftaran
c. Perhitungan usia pada saat melamar dihitung pada waktu MENGAKHIRI PENDAFTARAN
3.
Kolom Tempat Lahir dan Tanggal Lahir (Sesuai Ijazah), Tempat Lahir dan Tanggal
Lahir (Sesuai KTP), serta Nama Pembuatan Akun telah terisi secara otomatis.
4.
Pada form ini pelamar masih dapat mengubah beberapa data yang diinput pada
tahap sebelumnya yaitu: Nama (Sesuai Ijazah), Email, dan Jenis Kelamin
5.
Lengkapi kolom Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang Ijazah. Bagi pelamar yang
tidak memiliki gelar depan dan atau gelar bekalang, isi dengan tanda ‘ - ‘
6.
Masukkan Alamat (Sesuai KTP) dan isi apakah pelamar sedang mengikuti program
beasiswa.
7.
Pilih Jenis Disabilitas pada menu yang tersedia
8.
Apabila pelamar memilih Jenis Disabilitas selain Non Disabilitas, maka pelamar
harus menginput Link Video yang berkaitan dengan disabilitas yang dipilih
9.
Lengkapi Alamat Domisili (termasuk kelurahan dan kecamatan), Provinsi dan Kab/Kota
Domisili, Akun Media Sosial, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Agama, Nomor
Telepon, dan Nomor Handphone.
10. Bila data telah dilengkapi, klik SELANJUTNYA.
Berikut ini Tata Cara Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar
Formasi Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan Buku Petunjuk
Pendaftaran Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021, yakni: setelah pelamar melengkapi
Pengisian Biodata, tahap selanjutnya adalah Memilih Jenis Seleksi dan Mendaftar
Formasi, sebagai berikut
1.
Pada tampilan 2. Memilih Jenis Seleksi, pilih jenis seleksi yang sesuai pada kolom
yang tersedia, setelah itu klik SELANJUTNYA .
Pada
tahapan ini pemeriksaan data DAPODIK berdasarkan NIK yang dimiliki akan
dilakukan. Bagi pelamar yang datanya terdapat pada DAPODIK, maka akan tampil
data sekolah mengajar dan instansi tempat mengajar. Bagi seluruh pelamar yang data
Kualifikasi Pendidikan nya belum tervalidasi oleh Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi, maka akan ada tombol untuk melanjutkan
validasi Kualifikasi pendidikan pada INFO GTK Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Proses
validasi Kualifikasi Pendidikan akan berlangsung paling lama selama 3x24 jam
diharapkan pelamar selalu memantau dengan login kembali pada akun SSCASN untuk
melihat apakah validasi Kualifikasi Pendidikan sudah selesai atau belum.
Bagi
Pelamar yang termasuk dalam eks TH K-II dapat juga mengisi data pada form berikut,
sehingga terdata juga sebagai pelamar dengan status eks TH-II dengan memasukan
nomor registrasi ataupun nomor peserta ujian pada Seleksi CPNS 2013 Formasi
Tenaga Honorer Kategori II sebelumnya.
2.
Setelah itu, akan muncul tampilan 3. Mendaftar Formasi
3.
Pertama, pilih instansi pada kolom berikut :
4.
Jika instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan periksa
kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang
akan dilamar.
5.
Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. Pilihan
Jenis Formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.
6.
Klik PILIH dan form isian akan tampil seperti di bawah ini. Pelamar dapat mengubah
instansi dan formasi yang dipilih dengan klik ULANG.
7.
Pemilihan Pendidikan yang tampil adalah berdasarkan data validasi kualifikasi pendidikan
dan/atau sertifikat pendidik yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset dan Teknologi
8.
Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan
dan/atau sertifikat pendidik yang dimiliki.
9.
Pilih Lokasi Formasi.
10.
Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.21. Nilai IPK
menggunakan tanda titik (.) dan dua digit di belakang koma Untuk formasi
lulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah.
11. Isi Nomor Ijazah.
12. Isi Tahun Lulus sesuai
dengan yang tertera di Ijazah.
13. Isi Jenis Perguruan
Tinggi (Dalam Negeri atau Luar Negeri).
14. Isi Tanggal Ijazah
sesuai dengan yang tertera di Ijazah.
15.
Untuk formasi Ketik nama Perguruan Tinggi. Kolom ini merupakan autocomplete,
untuk mengisi Nama Perguruan Tinggi, masukkan beberapa huruf atau kombinasi
nama panjang/nama singkatan/penambahan nama daerah, kemudian pilih nama yang
sesuai.
16. Ketik nama Perguruan Tinggi atau sekolah sesuai dengan yang tercantum di Ijazah.
17.
Isi Nama Perguruan Tinggi (PT) dan Nama Program Studi (Prodi). Pada saat, jika
PT atau Prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka
Akreditasi Lembaga dan Akreditasi Program Studi akan muncul secara otomatis. Jika
Lembaga/Prodi tidak terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka pelamar dapat
mengisi secara mandiri akreditasi Lembaga/Prodinya (A,B,C, atau Lainnya).
Akreditasi yang dimaksud adalah Akreditasi Lembaga/Prodi pada saat pelamar
lulus.
18. Isi kode CAPTCHA.
19. Klik SELANJUTNYA.
Berikut ini Tata Cara Unggah Dokumen dalam Pendaftaran Seleksi
PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021 berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran
Seleksi PPPK Guru (P3K Guru) Tahun 2021. Setelah pelamar Memilih Jenis Seleksi
dan Mendaftar Formasi, tahap selanjutnya adalah Unggah Dokumen. Jenis dokumen
yang diunggah akan berbeda-beda sesuai dengan persyaratan instansi yang
dilamar.
1.
Pada tampilan 3. Unggah Dokumen, Pelamar WAJIB membaca dan memperhatikan
ketentuan dokumen yang tercantum, baik ketentuan dari instansi maupun ketentuan
formatnya.
2.
Perhatikan tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke sistem.
3.
Klik UNGGAH lalu cari dokumen tersebut di komputer Anda.
4.
Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen
berhasil.
5.
Pelamar dapat melihat dokumen yang telah diunggah dengan klik LIHAT.
6.
Jika pelamar salah unggah dokumen, klik UNGGAH kembali kemudian cari dokumen yang
benar. Sistem akan menyimpan dokumen yang terakhir diunggah.
7.
Jika pelamar mengunggah file yang tidak sesuai Ketentuan Unggah
8.
Setelah pelamar mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klik
Periksa kembali apakah dokumen yang diunggah sudah sesuai dengan ketentuan
instansi dan format. Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembali
setelah mengakhiri pendaftaran
9.
Setelah pelamar yakin bahwa semua dokumen yang diunggah sudah sesuai, klik SELANJUTNYA.
Cara Melihat Resume
Pendaftaran SSCASN dan Mencetak Kartu Informasi Akun atau Kartu Pendaftaran SSCASN.
Setelah pelamar melengkapi Unggah Dokumen, maka akan tampil halaman resume seperti
gambar di bawah. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang
telah diisi. Jika pelamar masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau
dengan instansi/ formasi/ jabatan yang dipilih, pelamar dapat kembali ke form sebelumnya
dengan melakukan klik SEBELUMNYA, kemudian perbaiki data tersebut.
Pada tahap ini. Peserta
HARUS memeriksa kembali seluruh data yang sudah diinput pada sistem, pastikan tidak
ada data yang salah input, dan juga memeriksa kembali dokumen yang sudah diunggah
sebelumnya dengan memilih tombol LIHAT .
Setelah sudah yakin tidak
ada kesalahan lagi, maka pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang
ada pada tampilan yang tersedia, mulai dari Nama Instasi sampai pada Persyaratan
Instansi.terakhir.
Jika sudah menandai semua
kotak, Kemudian tandai kotak pernyataan dan klik AKHIRI PROSES PENDAFTARAN. Dengan
mengklik tombol tersebut, pelamar bersedia menanggung akibat hukum apabila data
peserta tidak sesuai dengan dokumen.
Kemudian akan tampil notifikasi
untuk mengakhiri proses pendaftaran dan peringatan bahwa setelah proses diakhiri,
semua data tidak dapat diubah kembali.
Jika pelamar sudah yakin,
klik IYA, maka akan tampil halaman Final Resume. Saat ini, pelamar sudah tidak
dapat mengubah data kembali. Pada halaman ini, pelamar dapat mencetak Kartu Informasi
Akun dengan mengklik dan Kartu Pendaftaran SSCASN dengan mengklik CETAK KARTU
PENDAFTARAN.
Bagaimana melihat Hasil
Seleksi Administrasi Seleksi PPPK Guru Tahun 2021 ? Hasil Seleksi Administrasi
akan ditampilkan pada Akun masing- masing. Diharapkan pelamar selalu memantau
login akun nya masing- masing ataupun pengumuman pada kanal- kanal informasi
pada instansi yang dilamar.
Bertikut ini Salinan Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU
Tahun 2021, bagi yang membutuhkan silahkan download melalui link yang
tersedia di bawah ini.
Link download Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK GURU
Tahun 2021 (disini)
Demikian informasi tentang Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi PPPK Guru
(P3K Guru) Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
ass...saya aplod foto berlatar belakang merah. kok gak bisa kenapa
mungkin ukuran kb terlalu besar, cek ulang. semoga berhasil