CONTOH FORMAT SUPERVISI AKADEMIK – PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK
Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al. 2007). Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaanpertanyaan, misalnya apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya?. Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa setelah melakukan penilaian kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan program supervisi akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
Supervisi sangat punya peran
yang srategis dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari suatu
organisasi atau kegiatan. Supervisi bukanlah kegiatan sesaat seperti inspeksi,
tetapi merupakan 35 kegiatan yang kontinu dan berkesinambungan sehingga
guru-guru selalu berkembang dalam mengerjakan tugas dan mampu memecahkan
berbagai masalah pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien. Secara
implisit definisi supervisi memiliki wawasan dan pandangan baru tentang supervisi
yang mengandung ide-ide pokok, seperti menggalakkan pertumbuhan profesional
guru, mengembangkan kepemimpinan demokkratis, melepaskan energi, dan memcahkan
berbagai masalah yang berkaitan dengan efektivitas proses belajar mengajar. Supervisi
disamping berupa pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan umumnya dan
peningkatan mutu pembelajaran khususnya, hakekat supervisi juga mengandung
beberapa kegiatan pokok, yaitu pembinaan yang kontinu, pengembangan kemampuan
profesional personil, perbaikan situasi belajar mengajar dengan sasaran akhir
pencapaian tujuan pendidikan dan pertumbuhan pribadi peserta didik.
Agar supervisi akademik
dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka perlu memperhatikan sasaran
dan prinsip-prinsip Supervisi Akademik sebagai acuan 36 mendasar bagi
aktifitasnya. Berikut sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan pelaksanaan
supervisi akademik: 1) Merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil kegiatan
pembelajaran dan bimbingan. 2) Melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan. 3)
Menilai proses dan hasil pembelajaran. 4) Memberikan umpan balik secara tepat
dan teratur dan terus menerus kepada peserta didik. 5) Memanfaatkan
sumber-sumber belajar. 6) Mengembangkan interaksi pembelajaran. 7)
Mengembangkan inovasi pembelajaran dan melakukan penelitian praktis.
Salah satu prinsip mendasar
dari kegiatan dan pelaksanaan supervisi akademik adalah objektifitas, yang
artinya dalam penyusunan program supervisi akademik harus didasarkan kepada
kebutuhan nyata pengembangan profesional guru. Sedangkan secara rinci,
prinsip-prinsip supervisi akademik adalah: 1) Prinsip ilmiah (scientific) yang
bercirikan objektif, menggunakan alat, sistematis, berencana dan
berkesinambungan. 2) Prinsip demokratis, yaitu bantuan yang diberikan kepada
guru berdasarkan hubungan kemanusiaan yang akrab dan hangat dengan menjunjung
tinggi harga diri dan martabat guru. 3) Prinsip kerjasama, sharing of idea,
sharing of experience, yaitu memberi dorongan dan motivasi kepada guru,
sehingga mereka merasa tumbuh dan berkembang bersama. 4) Prinsip konstruktif
dan kreatif, yaitu supervisi akademik dilakukan dalam suasana dan kondisi yang
menyenangkan, sehingga mampu menstimulan guru untuk lebih kreatif dalam proses
pembelajaran.
Seperti apa Contoh Format Supervisi Akademik –
Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak, setahu admin sampai
saat ini belum ada contoh format baku model Supervisi Akademik (Pembelajaran)
Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Namun untuk kepentingan pelaksanaan
pembinaan di sekolah, mungkin contoh yang admin share di bawah ini bisa menjadi
salah bahan untuk pelaksanaan supervisi di sekolah PSP.
Berikut ini Contoh Format Supervisi Akademik –
Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak silahkan dimanfaatkan
jika hal ini dipandang sesuai. Untuk yang membutuhkan silahkan download melalui
link yang tersedia di bawah ini.
Berikut ini Contoh Format Supervisi Perangkat
Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak
Link download Contoh Format Supervisi Perangkat
Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak (DISINI)
Berikut ini Contoh Format Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran
Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak
Link download Contoh Format Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran
Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak (DISINI)
Demikian informasi tentang Contoh Format Supervisi Akademik –
Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak Semoga ada manfaatnya.