CONTOH FORMAT SUPERVISI AKADEMIK – PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak


Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al. 2007). Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaanpertanyaan, misalnya apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya?. Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa setelah melakukan penilaian kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan program supervisi akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

 

Supervisi sangat punya peran yang srategis dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari suatu organisasi atau kegiatan. Supervisi bukanlah kegiatan sesaat seperti inspeksi, tetapi merupakan 35 kegiatan yang kontinu dan berkesinambungan sehingga guru-guru selalu berkembang dalam mengerjakan tugas dan mampu memecahkan berbagai masalah pendidikan dan pengajaran secara efektif dan efisien. Secara implisit definisi supervisi memiliki wawasan dan pandangan baru tentang supervisi yang mengandung ide-ide pokok, seperti menggalakkan pertumbuhan profesional guru, mengembangkan kepemimpinan demokkratis, melepaskan energi, dan memcahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan efektivitas proses belajar mengajar. Supervisi disamping berupa pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan umumnya dan peningkatan mutu pembelajaran khususnya, hakekat supervisi juga mengandung beberapa kegiatan pokok, yaitu pembinaan yang kontinu, pengembangan kemampuan profesional personil, perbaikan situasi belajar mengajar dengan sasaran akhir pencapaian tujuan pendidikan dan pertumbuhan pribadi peserta didik.

 

Agar supervisi akademik dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, maka perlu memperhatikan sasaran dan prinsip-prinsip Supervisi Akademik sebagai acuan 36 mendasar bagi aktifitasnya. Berikut sasaran yang hendak dicapai dalam kegiatan pelaksanaan supervisi akademik: 1) Merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil kegiatan pembelajaran dan bimbingan. 2) Melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan. 3) Menilai proses dan hasil pembelajaran. 4) Memberikan umpan balik secara tepat dan teratur dan terus menerus kepada peserta didik. 5) Memanfaatkan sumber-sumber belajar. 6) Mengembangkan interaksi pembelajaran. 7) Mengembangkan inovasi pembelajaran dan melakukan penelitian praktis.

 

Salah satu prinsip mendasar dari kegiatan dan pelaksanaan supervisi akademik adalah objektifitas, yang artinya dalam penyusunan program supervisi akademik harus didasarkan kepada kebutuhan nyata pengembangan profesional guru. Sedangkan secara rinci, prinsip-prinsip supervisi akademik adalah: 1) Prinsip ilmiah (scientific) yang bercirikan objektif, menggunakan alat, sistematis, berencana dan berkesinambungan. 2) Prinsip demokratis, yaitu bantuan yang diberikan kepada guru berdasarkan hubungan kemanusiaan yang akrab dan hangat dengan menjunjung tinggi harga diri dan martabat guru. 3) Prinsip kerjasama, sharing of idea, sharing of experience, yaitu memberi dorongan dan motivasi kepada guru, sehingga mereka merasa tumbuh dan berkembang bersama. 4) Prinsip konstruktif dan kreatif, yaitu supervisi akademik dilakukan dalam suasana dan kondisi yang menyenangkan, sehingga mampu menstimulan guru untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran.

 

Seperti apa Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak, setahu admin sampai saat ini belum ada contoh format baku model Supervisi Akademik (Pembelajaran) Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak. Namun untuk kepentingan pelaksanaan pembinaan di sekolah, mungkin contoh yang admin share di bawah ini bisa menjadi salah bahan untuk pelaksanaan supervisi di sekolah PSP.

 

Berikut ini Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak silahkan dimanfaatkan jika hal ini dipandang sesuai. Untuk yang membutuhkan silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Berikut ini Contoh Format Supervisi Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak

 



Link download Contoh Format Supervisi Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak (DISINI)

 

Berikut ini Contoh Format Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak




Link download Contoh Format Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Contoh Format Supervisi Akademik – Pembelajaran Pada Kurikulum Program Sekolah Penggerak Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =



3 comments:

  1. Trimakasih Admin,sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Trm kasih Pak, sngat membantu. Mohon diposting instrumen utk guru BK Pak

    ReplyDelete
  3. Trimakasih banyak, sangat membantu

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem