PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2016 TENTANG KI DAN KD KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016

Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 


Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar  Pelajaran Pada Kurikulum 2013  Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditetapkan dengan pertimbangan untuk menyesuaikan kurikulum berdasarkan  perkembangan  dan  kebutuhan pendidikan  saat  ini sehingga diperlukan  perbaikan Kompetensi  Inti dan Kompetensi  Dasar  yang  mengakomodasikan  prinsip-prinsip untuk memperkuat proses pembelajaran.

Berdasarkan Pasal 1 Permendikbud Nomor (No) 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, dinyatakan bahwa 1)  Kurikulum 2013 pada pendidikan  dasar  dan  pendidikan menengah  mencakup  Sekolah  Dasar/Madrasah  Ibtidaiyah (SD/MI),  Sekolah  Menengah  Pertama/Madrasah  Tsanawiyah (SMP/MTs),  Sekolah  Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah (SMA/MA),  dan  Sekolah  Menengah  Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK). 2) Kurikulum 2013 pada pendidikan  dasar  dan  pendidikan menengah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: a.  kerangka dasar kurikulum; dan b.  struktur kurikulum. 3)  Pelaksanaan  pembelajaran  pada  Sekolah  Dasar/Madrasah Ibtidaiyah  (SD/MI)  dilakukan  dengan  pendekatan pembelajaran tematik-terpadu, kecuali untuk mata pelajaran Matematika  dan  Pendidikan  Jasmani  Olahraga  dan Kesehatan  (PJOK)  sebagai  mata  pelajaran  yang  berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. 4)  Pelaksanaan  pembelajaran  pada  Sekolah  Menengah Pertama/Madrasah  Tsanawiyah  (SMP/MTs),  Sekolah Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah  (SMA/MA),  dan  Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dilakukan  dengan  pendekatan  pembelajaran  sebagai  mata pelajaran yang berdiri sendiri.


PERMENDIKBUD NO 24 TAHUN 2016

Berdasarkan Pasal 2 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, dinyatakan bahwa 1)  Kompetensi inti  pada kurikulum 2013 merupakan  tingkat kemampuan  untuk  mencapai standar  kompetensi  lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. 2)  Kompetensi  dasar  merupakan  kemampuan  dan  materi pembelajaran  minimal  yang  harus  dicapai  peserta  didik untuk  suatu  mata  pelajaran  pada masing-masing  satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. 3)  Kompetensi inti sebagaimana dimaksud pada  ayat (1) terdiri atas: a. kompetensi inti sikap spiritual; b. kompetensi inti sikap sosial; c.  kompetensi inti pengetahuan; dan d. kompetensi inti keterampilan. 4)  Kompetensi dasar pada kurikulum 2013  berisi  kemampuan dan  materi  pembelajaran  untuk  suatu  mata  pelajaran  pada masing-masing  satuan  pendidikan yang  mengacu  pada kompetensi inti. 5) Kompetensi inti  dan  kompetensi  dasar  digunakan  sebagai dasar  untuk  perubahan  buku  teks  pelajaran  pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Berdasarkan Pasal 4 Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, dinyatakan bahwa pada  saat  Peraturan  Menteri  ini  mulai  berlaku, maka ketentuan yang  mengatur  tentang  Kompetensi  Inti,  Kompetensi  Dasar, Muatan  Pembelajaran  dalam  Struktur  Kurikulum,  Silabus, Pedoman  Mata  Pelajaran,  dan  Pembelajaran  Tematik  Terpadu sebagaimana  diatur  dalam Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan  Nomor  57  Tahun  2014  tentang  Kurikulum  2013 Sekolah  Dasar/Madrasah  Ibtidaiyah,  Peraturan  Menteri Pendidikan  dan  Kebudayaan Nomor  58  Tahun  2014  tentang Kurikulum  2013  Sekolah  Menengah  Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan Nomor  59  Tahun  2014  tentang  Kurikulum  2013  Sekolah Menengah  Atas/Madrasah  Aliyah,  dan  Peraturan  Menteri Pendidikan  dan  Kebudayaan Nomor  60  Tahun  2014  tentang Kurikulum  2013  Sekolah  Menengah  Kejuruan/Madrasah  Aliyah Kejuruan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. 

Selengkapnya silahkan baca dan download Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.






LINK DOWNLOAD PERMENDIKBUD NO 24 TAHUN 2016 TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PELAJARAN PADA KURIKULUM 2013 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH (Disini)





Demikian informasi tentang Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia / Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran Pada Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat, terima kasih


=================================



= Baca Juga =



26 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya, Sangat membantu dan bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Thanks, dengan adanya Permendikbud No 24 Tahu 2016 tentang KI dan KD berarti lengkap sudah dokumen revisi K13 tahun 2016

    ReplyDelete
  3. Hatur nuhun, Sy sudah copas Permendikbud No 24 tahun 2016 di http://subrayon03pandeglang.blogspot.co.id/2016/07/download-permendikbud-no-24-tahun-2016.html

    ReplyDelete
  4. Ini gan blog yang bisa kamu jadikan referensi lainmengenai pendidikan:

    Pendidikan Indonesia: Permendikbud RI Tentang KI dan KD Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar Dan Menengah

    http://silabusdanrpp13.blogspot.co.id/2016/07/pendidikan-indonesia-permendikbud-ri.html

    ReplyDelete
  5. matur nuwun permennya dan bermanfaat untuk sekolah kami

    ReplyDelete
  6. Nice post sangat bermanfaat, semoga kurikulumnya ga berubah lagi..

    ReplyDelete
  7. terima kasih sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  8. Trimakasih Pak Semoga Bpk diberikan kesehataan

    ReplyDelete
  9. Saya belum menemukan KI dan KD untuk matpel Produktif. Jadi dimana saya dapatkan ya? Mohon bantuannya ya. Thanks

    ReplyDelete
  10. terima kasih, sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete
  11. Terima kasih atas info tsb, namun setelah saya klin LINK 1, yg saya terima adalah Permendikbud No.75/2016 ttg Komite Sekolah. Demikian pemberitahuan saya. Terima kasih

    ReplyDelete
  12. Terima kasih atas postinganya dan link download yang mudah untuk d downlod

    ReplyDelete
  13. bagi backsoundnya buk.apa judulnya hehe

    ReplyDelete
  14. backsoundnya asik.. yg laki2 nyanyi.. bagi judulnya.. hehe

    ReplyDelete
  15. thanks buat file nya. btw, backsoundnya apa ya judulnya?

    ReplyDelete
  16. numpang download seluruh perangkat KLS 1 revisi 2018 nya pak, trims sebelumnya

    ReplyDelete
  17. Bagaimana cara simpan ny di laptop, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di download dulu kemudan di ekstrak karena filenye berbentuk RAR

      Delete
  18. terima kasih untuk informasi yang bermanfaat (halobelajarsesuatu.blogspot.com)

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter