Dalam rangka melaksakakan
tata kelola sekolah yang baik, ada beberapa perangkat pendukung yang harus
dilengkapi, seperti Dokumen
KTSP, Rencana Kerja Sekolah atau Rencana Kerja Jangka Mengah, Rencana Kerja
Tahunan Sekolah, Program Kerja Kepala Sekolah serta beberapa perangkat
lainnya.
Pada kesempatan ini saya
coba untuk mengulpoad contoh Program Kerja Wakil Kepala Sekolah
(Wakasek) atau Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. contoh
Program Kerja Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) atau Pembantu Kepala Sekolah
Bidang Kesiswaan dan Program Bimbingan Konseling serta contoh program kerja
supervisi akademik.
Contoh ini diperuntukkan
bagi mereka yang mengelola SMP Satu Atap atau SMP Negeri dan Swasta yang masih
berstatus sekolah tumbuh. Bagi Anda yang membutuhkan silahkan download link di
bawah ini:
Mudah-mudahan contoh Program
Kerja Wakasek/PKS Kurikulum, contoh Program Kerja Wakasek/PKS Kesiswaan, dan
Program Kerja BP di atas dapat memberikan inpirasi kepada para kepala
sekolah dan guru untuk membuat program kerja yang lebih baik, serta dapat
mengimplemntasikan program kerja tersebut dalam pelaksanaan kegiatan di
sekolah.
Untuk Anda yang
membutuhkan contoh Dokumen KTSP, Rencana Kerja Sekolah atau
Rencana Kerja Jangka Mengah, Rencana Kerja Tahunan Sekolah, Program Kerja
Kepala Sekolah klik link di bawah ini
Contoh Program Kesiswaan SMP
PROGRAM
KERJA KESISWAAN SMPN 1 CIBALIUNG
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
A. LATAR BELAKANG
Salah satu pilar utama
fungsi sekolah adalah fungsi Pendidikan, disamping fungsi pengajaran dan
pelatihan. Secara kelembagaan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan sekolah
yang dirancang untuk mempersiapkan muridnya melanjutkan pendidikannya ke
jenjang yang tinggi yaitu, Sekolah Menengah Atas (SMA). Di sisi lain,
kehidupan remaja pada usia tingkat SMP, terutama tingkat SMP sangatlah rentan
terhadap penyalahgunaan obat-obat terlarang, tawuran, pergaulan bebas dan
permasalahan remaja lainnya.
Keadaan tersebut di atas,
merupakan masalah yang sangat banyak dihadapi dunia pendidikan Indonesia.
Jumlah tenaga produktif yang besar tidaklah cukup jika tidak ditunjang oleh kualitas
kemampuan yang diperlukan dalam persaingan pasar tenaga kerja. Besarnya jumlah
lulusan yang tidak melanjutkan sekolah merupakan masalah sosial yang perlu
segera ditanggulangi.
Namun, persoalan yang paling
mendasar dari penyelenggaraan pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan
menengah adalah kenyataan bahwa proses pembelejaran terlalu berorientasi kepada
penguasaan materi pembelajaran, dan bukan dari makna atau nilai yang
dikandungnya. Artinya, model pengajaran yang diterapkan selama ini cenderung terlalu
banyak berteori dan tidak terkait dengan lingkungan. Akibatnya, murid tidak
mampu menerapkan apa yang dipelajarinya di sekolah untuk memecahkan masalah
yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan seakan-akan tercabut
dan terasingkan dari lingkungan kehidupan masayarakatnya sendiri dan acapkali
menghasilkan angkatan kerja yang tidak produktif atau bahkan menganggur. Inilah
salah satu faktor penentu yang memicu munculnya penyimpangan tingkah laku yang
mengganggu ketertiban dan ketentraman keluarga, masayarakat, bangsa dan negara.
Salah satu jalan keluar yang
dicoba diterapkan di SMP 1 Cibaliung Pandeglang untuk membenahi pendidikan
ialah konsep penyelenggaraan pendidikan berbasis luas kecakapan hidup (broad
based education-life skill). Konsep ini mengandung pengertian bahwa pendidikan
harus mampu mewadahi berbagai kebutuhan masyarakat luas dengan dukungan
keikutsertaan masyarakat dan penguasaan mata pelajaran bukan lagi menjadi
tujuan utama pengajaran, melainkan sarana untuk menanamkan nilai kehidupan dan
menumbuhkembangkan kecakapan hidup.
Dalam kerangka dan dasar
pemikiran seperti inilah profil, proses dan format pendidikan murid di
SMPN 1 Cibaliung Pandeglang ingin menghasilkan Sumber Daya Manusia
yang berkualitas tinggi, baik di bidang akhlaknya, intelektualnya dan
keahlian/keterampilannya.
Kondisi kerja intern sekolah
sangatlah menentukan keberhasilan tercapainya tujuan Visi dan Misi pendidikan
SMPN 1 Cibaliung. Dimana fungsi dan proses pengajaran dan pelatihan
menjadi fokus tanggung jawab koordinasi dan wewenang bagian Wakil Kepala Sekolah Kurikulum atau PKS
Kurikulum, sedangkan fungsi dan proses pembudayaan/pembiasaan merupakan fokus
tanggung jawab bagian Wakil Kepala
Sekolah Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1
Cibaliung beserta seluruh unsur pengelola program Ekstrakurikuler lainnya,
agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai dengan baik ada dalam ridlo
Allah SWT.
Dalam melaksanakan tupokasi
sebagai bagian Wakil Kepala Sekolah
Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMPN 1 Cibaliung, maka maka dipandang perlu
menyusun suatu Program Kerja Wakil
Kepala Urusan Kesiswaan atau PKS Kesiswaan SMP 1 Cibaliung yang komprehensif dan aplikatif, baik di
tingkat strategis, taktis, maupun teknis operasionalnya.
B. KEBIJAKAN UMUM
Program Kerja Kesiswaan SMP. Kesiswaan
bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan
utamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan bertaqwa, cerdas dan berahlaq
mulia selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk keman pribadi, lingkungan dan
orang lain.
Semua
kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaan
dengan tugas tersebut, PKS kes sudah menentukan garis besar semua kegiatan yang
boleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :
·
Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala
sekolah dan orang tua siswa
·
Semua kegiatan tidak melupakan tugas
utamanya, yaitu belajar.
·
Semua kegiatan selalu berorientasi untuk
pengembangan diri setiap siswa
·
Semua kegiatan didanai oleh Bos Pusat, Bos
Provinsi dan Komite Sekolah Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda
kegiatan sekolah.
·
Semua kegiatan sudah terencana dengan baik
dan matang.
·
Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses
negatif baik untuk SMP Negeri 2 Saketi maupun sekolah lainnya.
·
Semua kegiatan ekstra kurik uler harus
dilaksanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak denga kepala
sekolah.
C. LANDASAN HUKUM
·
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan konselor adalah
pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik,dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan
dengan memberi keteladanan, membangun kemaua mengembangkan kreativitas peserta
didik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan b setiap
peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan
pendidikan sesuai dengan ba minat, dan kemampuannya.
·
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar NasionalPendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang st isi untuk
satuan pendidikan dasar dan menengah.
·
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Permendikbud No 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah, yang memuat pengembangandiri peserta didik dalam struktur
kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/atau dibimbing oleh
konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
·
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39
Tahun 2008 tentang materi pembinaan kesiswaan Dasar Standarisasi Profesi
Konseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun
2004 untu memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luar
sekolah.
D. FUNGSI KESISWAAN
1. Mewakili Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
apabila berhalangan hadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganan
surat-surat yang tidak didelegasikan.
2.
Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan
melaporkannnya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah untuk mendapatkan
pengesahannya.
3. Merencanakan dan melaksanakan penerimaan
peserta didik baru
4. Bersama staf kurikulum mengelola mutasi siswa
dan melaporkannya kepada Wakil Kepala Sekolah / Kepala Sekolah
5. Merencanakan dan melaksanakan masa orientasi
peserta didik baru.
6. Mengorganisir:
a.
Kegiatan pembinaan OSIS
b.
Kegiatan Ekstrakurikuler
c.
Kegiatan Upacara Bendera
d.
7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan,Kedamaian dan
Kekeluargaan)
e.
Kegiatan pelepasan peserta didik kelas IX.
f.
Kegiatan pengayaan dan tryout kelas IX
g.
Pembinaan siswa berprestasi
f.
Kegiatan memberikan informasi tentang lembaga pendidikan SMA/SMK bagi peserta
didik kelas IX.
7. Mengatur tata tertib peserta didik dan mengurus
peserta didik yang melanggar tata tertib.
8. Mengatur seluruh aktivitas peserta didik baik
di dalam maupun di luar sekolah
9. Mengorganisir pelaksanaan karya wisata peserta
didik. 10. Melaksanakan pemilihan calon peserta didik teladan dan calon siswa
penerima beasiswa bersama-sama dengan BK.
E. VISI DAN MISI
Program kerja kesiswaan SMP
1 Cibaliung ini mempunyai Visi dan Misi yang sesuai dengan
visi dan misi sekolah yaitu: Visi : Kerja Bersama, Bersama Kerja Mewujudkan
Peserta Didik yang Unggul dalam berbagai bidang.
Misi
:
1. Melaksanaan pembinaan agama secara rutin
2. Mengoptimalisasi kinerja seluruh komponen
3 Menanamkan nilai-nilai etika dalam pergaulan
di sekolah maupun di masyarakat
4. Mendorong kreatifitas dan produktifitas untuk
berkarya dan berprestasi.
F. STRATEGI
1.
Mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat siswa
a. Membuat kegiatan-kegiatan yang berguna buat
siswa
b. Melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif
c. Membuat program kerja setiap kegiatan yang
dilaksanakan oleh OSIS dan ekstrakurikuler.
d. Membuat anggaran yang proporsional untuk setiap
kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan kegiatan esktra kulikuler
2.
Mencetak siswa yang berprestasi di dalam akademik dan organisasi
a. Memantau seluruh kegiatan ekstra kurikuler dan
OSIS.
b. Mengikuti seluruh turnamen, lomba-lomba,
kuis-kuis, seleksi siswa teladan di Banten maupun di luar Banten .
c. Mengirim siswa berprestasi ke tingkat Provinsi
Banten dan tingkat nasional di bidang seni/olahraga dan akademik.
d.
Mengutus siswa mengikuti seminar dan diklat yang dilaksanakan oleh
lembagalembaga tertentu yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian siswa.
e.
Mendata kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa
G. PROGRAM KERJA KESISWAAN
1. PROGRAM KERJA JANGKA
PENDEK
Adapun
program jangka pendek merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam
kurun waktu 1 semester sampai 1 tahun, diantaranya:
a. Menyusun program
kerja
b. Mewajibkan
setiap peserta didik untuk memilih maximal 2 kegiatan ekstra kurikuler dengan
persetujuan orang tua/wali
c. Menyusun jadwal
kegiatan setiap kegiatan OSIS dan ekskul ( semua jadwal terlampir)
d. Membuat Tata
Tertib Siswa ( terlampir)
e. Menyusun
pengurus dan pembina OSIS dan ekskul ( terlampir)
f. Membina siswa
yang bermasalah.
g. Memantau dan
membimbing kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul ( jenis
kegiatanterlampir)
h. Menjalin hubungan
baik dengan Wakasek, Kurikulum, Sarpras dan Humas.
2. PROGRAM KERJA JANGKA
PANJANG
Program
jangka panjang merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurun
waktu 2 - 5 tahun, diantaranya:
a. Membangun
sekolah yang berwawasan disiplin dan patuh terhadap aturan yang berlaku.
b. Mencetak siswa
yang berprestasi di Banten dan Nasional.
c. Mengembangkan
kepribadian siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
d. Mengirimkan
wakil atau duta siswa yang mengikuti OSN, O2SN, LPIR, FLS2N dan lomba tingkat
internasional.
e. Mencetak siswa
yang mempunyai kemampuan bertaraf nasional dan internasional
3. RINCIAN PROGRAM KERJA
DALAM 1 TAHUN
1.
Kegiatan Awal Tahun
a. Menyusun program
kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
b. Melaksanakan
rapat koordinasi kesiswaan
c. Bersama PKS
Humas menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembina upacara.
d. Mendata jadwal
petugas piket OSIS
e. Rapat
koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOPD (Masa Orientasi Siswa)
sesuai juklak dan juknis
f. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,
pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan
disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
g. Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan,
kebersihan, ketertiban, kerindangan dan kekeluarg
h. Mengarahkan
siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti
sesuai minat dan baka i. Mempublikasikan para pembina, pelatih dan kordinator
kesiswaann.
j. Registrasi dan
pencatatan anggota masing masing EKSKUL
k. Melaksanakan
uji kelayakan pengurus OSIS dan MPK
l. Mengadakan
latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
m. Pempublikasian
5K pengurus OSIS dan MPK
n. Pempublikasian
jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerima beasiswa dan jenis beasiswa,
calon siswa tela serta karyawisata dan yang lainnya.
o. Pendataan
biodata siswa diklasifikasikan sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2.
Kegiatan Harian
a. Membina siswa
untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang
tertulis maupun ya tertulis.
b. Mengamatti dan
mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di SMP Negeri 2 Saketi
c. Mendata dan
memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
d. Mengontrol
pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
e. Melaksanakan
tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
f. Menandatangani
penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran
sekolah persetujuan pimpinan.
g. Mewakili guru
piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
h. Mengirimkan
siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
i. Mengirimkan
pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau
perlombaan
3.
Kegiatan Mingguan
a. Mengawasi,
mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ekstra kurikiler
b. Melaksanakan
pengibaran dan penurunan bendera tiap satu minggu sekali
c. Pembinaan
tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan
melaksanakan 5K
4.
Kegiatan Bulanan
a. Membimbing
pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan
seperti hari be agama atau nasional
b. Penerbitan majalah
siswa WaW / Mading c. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK dan
para Pembina OSIS atau dengan para Pembina l
d. Bersama para
pembina dan petugas piket mengadakan razia.
e. Melaksanakan
rapat koordinasi dengan para Pembina.
5.
Kegiatan Semester I
a. MOPD (Masa
Orientasi Peserta Didik) / MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
b. Upacara Bendera
c. Pengumuman
berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan
pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
d. Pemilihan MPK
e. Pemilihan OSIS
f. Pesantren kilat
g. Diklat
ekstrakulikuler
h. Lomba Cepat
Tepat Siswa
i. Latihan dasar
kepemimpinan siswa (LDKS).
6.
Kegiatan semester II
a. Karyawisata
b. Menyiapkan dan
melaksanakan perpisahan kelas IX
c. Mengadakan
rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
d. Mengadakan razia
e. Mengadakan
clasmeeting dengan mata lomba wajib :
• Pidato Bahasa
Inggris, Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia.
• LCC
• Dakwah
• Lomba Baca Puisi
• Bola voli
• Tenis Meja
• Catur
f. Upacara
pengibaran bendera
g. Peringatan Isra
Miraj
h. Peringatan
maulid Nabi Muhammad SAW
i. EXPO
7.
Kegiatan Akhir Tahun
a. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa
baru
b. Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan
siswa baru
c. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia MOPD
d. Memberikan SK kepsek pada panitia MOPD
e. Melaksanakan PSB dan MOPD
f. Laporan evaluasi Program
H. PENUTUP
Semua
kegiatan yang akan dilaksanakan, baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswa
yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana dengan baik dan
matang dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana
anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan
agenda sekolah dan selalu dipantau oleh Wakasek dan Kepala Sekolah melalui
kesiswaan. Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan
demi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah yang positif.
Saketi, Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Wakasek
Kesiswaan,
LAMPIRAN
Program ke-1 :
Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik
(PPD)
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Menyusun petunjuk pelaksanaan operasional proses
penerimaan peserta didik (PPD)
|
Panitia PPD
|
Proses pendaftaran dan penerimaan berjalan sesuai
prosedur/alur
|
|
2.
|
Sosialisasi PPD
|
Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah terdekat
|
Mempromosikan/mengenalkan sekolah kepada SD/Madrasah
|
|
3.
|
Pendaftaran dan penerimaan peserta didik (PPD)
|
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Mengetahui jumlah pendaftar yang masuk
|
|
Program ke-2 : Masa
Orientasi Sekolah / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Menyusun jadwal kegiatan MOS / MPLS
|
Calon peserta didik
|
Kegiatan berjalan sesuai jadwal
|
|
Program ke-3 : Pelayanan Bimibingan
dan konseling
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Pelayanan Bimibingan dan konseling
|
Peserta didik
|
Sebagai solusi untuk mendapatkan layanan
bimbingan/konseling terhadap masalah yang dihadapai peserta didik
|
Program ke-4 :
Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Shalat berjama’ah
|
Semua warga sekolah
|
Menumbuhkan semangat persatuan,kesatuan dan
persaudaraan
|
|
2.
|
Memperingati hari-hari besar keagamaan
|
Semua warga sekolah
|
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan yang Maha Esa
- Menambah pengetahuan agama
|
|
3.
|
Mengadakan lomba yang bernuansa keagamaan
|
Peserta didik
|
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan yang Maha Esa
- Menambah pengetahuan agama
|
|
4.
|
Istighasah
|
Peserta didik kelas IX,Bp/Ibu Guru ,Staf TU/karyawan
dan orang tua/wali murid
|
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan
kepada Tuhan yang Maha Esa
|
Program ke-5 : Pembinaan
budi pekerti luhur
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah
|
Semua warga sekolah
|
Menanamkan ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan yang
berlaku
|
|
2.
|
Kebersihan kelas dan lingkungan
|
Ruang kelas
|
Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan
pribadi dan lingkungan
|
|
3.
|
Santunan yatim piatu
|
Peserta didik
|
- Meringankan beban kebutuhan
hidupnya
- Menanamkan rasa peduli sosial
|
|
4.
|
Santunan kematian/bencana alam
|
Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat
|
- Meringankan beban kebutuhan
hidupnya
- Menanamkan rasa peduli sosial
|
|
5.
|
Melakukan kegiatan infaq tiap Jum’at
|
Peserta didik
|
- Menanamkan rasa rela berkorban
untuk orang lain
|
|
6.
|
Melaksanakan penerimaan dan penyaluran zakat fitrah
|
Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat
|
- Meringankan beban kebutuhan
hidupnya
- Menanamkan rasa peduli sosial
|
|
7.
|
Melaksanakan penyembelihan hewan kurban
|
Peserta didik,orangtua/wali murid dan masyarakat
|
- Menanamkan rasa peduli sosial
|
Program ke-6 : Pembinaan
kepribadian kebangsaan dan bela negara
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Melaksanakan upacara bendera hari Senin dan hari-hari
besar nasional
|
Semua warga sekolah
|
- Menanamkan jiwa patriotisme
- Menanamkan nilai-nilai luhur para
pejuang bangsa
|
|
2.
|
Melaksanakan PERSAMI
|
Peserta didik terpilih
|
Menanamkan dan mengikat tali persatuan,kesatuan dan
persaudaraan
|
|
3.
|
Mengunjungi tempat-tempat nilai bersejarah
|
Kelas VIII
|
- Mengenalkan kekayaan aneka ragam
nilai sejarah
- Menanamkan nilai cinta tanah air
|
Program ke-7 : Pembinaan
prestasi akademik,seni dan olah raga
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Menyelenggarakan festival dan lomba seni
|
Peserta didik
|
- Mengembangkan bakat dan minat yang
dimiliki peserta didik
|
|
2.
|
Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olah raga
|
Peserta didik
|
- Mengembangkan bakat dan minat yang
dimiliki peserta didik
|
|
3.
|
Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
|
Semua warga sekolah
|
- Menambah wawasan dan perbendaharaan
ilmu pengetahuan
|
|
4.
|
Mengadakan widya wisata
|
Kelas VIII
|
- Menambah wawasan dan perbendaharaan
ilmu pengetahuan
|
Program ke-8 : Pembinaan
Pendidikan politik dan sosial
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Mengadakan MOS
|
Calon peserta didik kelas VII
|
Mengenalkan lebih dekat segala yang berhubungan sekolah
dan kegiatannya
|
|
2.
|
Mengadakan LDK
|
Pengurus OSIS lama dan pengurus OSIS baru
|
Menanamkan dasar-dasar dalam kepemimpinan
|
|
3.
|
Melaksanakan penghijauan
|
Semua warga sekolah
|
- Menciptakan lingkungan yang hijau
dan asri
|
Program ke-9 : Pembinaan
kreativitas, ketrampilan dan kewirausahaan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Meningkatkan usaha koperasi siswa
|
Peserta didik
|
Menanamkan jiwa kewirausahaan dan punya ketrampilan
|
Program ke-10 : Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan
dan gizi
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Melaksanakan kebersihan kelas dan lingkungannya
|
Semua ruang kelas dan lingkungannya
|
Tercipta dan terjaganya kebersihan dan kesehatan
|
|
2.
|
Mengadakan kegiatan jalan sehat dan senam
|
Semua warga sekolah
|
Tercipta dan terjaganya kesehatan
|
|
3.
|
Melaksanakan kegiatan UKS (PMR)
|
Peserta didik
|
Menanamkan rasa bertanggungjawab dalam penanganan
bidang kesehatan
|
Program ke-11 : Kegiatan ekstra
kurikuler
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Atletik
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
2.
|
Bola volly
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
3.
|
Pencak silat
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
4.
|
Drum band
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
5.
|
Pramuka
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
6.
|
PMR
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
7.
|
BTQ
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
8.
|
KIR
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
|
9.
|
Bahasa Inggris
|
Peserta didik
|
Sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta
didik
|
Program ke-12 : Mengikuti kegiatan lomba
rumpun mapel
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Mengikuti kegiatan lomba rumpun mapel
|
Peserta didik
|
Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang
dimiliki
|
Program ke-13 : Mengikuti kegiatan
lomba keagamaan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Mengikuti kegiatan lomba keagamaan
|
Peserta didik
|
Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang
dimiliki
|
Program ke-14 : Mengikuti lomba KIR
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Mengikuti lomba KIR
|
Peserta didik
|
Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang
dimiliki
|
Program ke-15 : Mengikuti lomba cabang olah
raga
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Mengikuti lomba cabang olah raga
|
Peserta didik
|
Menyalurkan bakat dan minat serta kompetensi yang
dimiliki
|
Program ke-16 : Membentuk ikatan alumni tiap
angkatan
NO
|
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
|
1.
|
Menyelenggarakan reuni
|
Alumni sekolah
|
Pelacakan peserta didik lulusan sekolah (alumni) tiap
angkatan
|
terima kasih pak ,semoga bermamfaat bagi sekolah
jazakumullah khair
Pak bro, makasih ya....
makasi atas share ini, moga anda selalu diberikan derajat yang tinggi oleh ALLAH karena telah membantu orang lain,. amien
salam kenal dari saya ( sumartono - guru MA AL-FALAH PANCORDAO )
NUSA TENGGARA BARAT - LOMBOK TENGAH
terima kasih atas, ilmunya semoga jadi kebaikan dan ilmu yang bermanfaat, semoga kebaikannya dibalas Alloh SWT,, dengan pahala yang berlipat,, amiin,
terima kasih banyak atas kerjasamanya, semoga jadi pahala yang baik, amiiiiin
terima kasih kepada bloger yang telah menyediakan pasilitas program kesiswaan jenjang smp, semoga bermanfaat bagi kami, di SMP Negeri 2 Curug bitung, mohon info lebih lanjut dari teman2 blog lainnya.....
Bermanfaat banget... Thanks gan
Tetima kasih.. Jazakallahu khoiron
Sangat bermanfaat
Syukron wa Jazakallah akhi, sangat mambantu sekali !
Syukron wa Jazakallah, terima kasih...
Saya ucapkan jazakumullahu khairan kasir, ini cukup membantu
Terima kasih semoga segala jasa dan jerih payah mendapat balasan yang berlipat
Terima kasih semoga jasanya mendapatkan balasan yang berlipat ganda
terimakasih banyak pak.. sangat membantu, semoga bermanfaat dan semoga Allah" swt. membalas kebaikan bapak.
hatur nuhun pak admin, manfaat.
terimakasih pak...insya allah bermanfaat
terima kasih ya pak
Matur nuwun. Semoga menjadi amal baik. Aamiin
Ass kumaha damang pa Aina....keren euy elmuna manfaat...sing janten pahala ka pa Aina aamiin
Trimakasih yg sebesar besarnya....sangat membantu saya.
Trimakasih sekali lagi ...GBu
sangat membantu, terima kasih nggih
terima kasih banyak ya pak....
afwan gimana cara download atau coppy mya ya.... ?? kok saya nggak bisa... terimakasih.
Terima kasih pak,izin share...