CONTOH SOAL SJT (SITUATIONAL JUDGEMENT TEST) PPPK GURU TAHUN 2023

Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) Pppk Guru Tahun 2023
 



Apa tu Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2023 Sebagaimana diketahui Pelamar dari kategori eks THK-II dan Guru non ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun mengikuti seleksi kompetensi yang terdiri atas kompetensi teknis berupa penilaian situasi kerja sederhana, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural, serta wawancara. Sedangkan Pelamar lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan guru yang terdaftar di Dapodik mengikuti seleksi kompetensi yang terdiri atas kompetensi teknis sesuai bidang jabatan, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural, serta wawancara. 

Berikut ini adalah Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2023 atau Soal Tes Situational Judgement Test (SJT) PPPK Guru  yang didesain ala games sederhana


DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 


 
26. Perhatikan Data Berikut ini.

Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2023


Berdasarkan (Diagram A) di atas, apakah pernyataan berikut benar atau  salah  (Tabel  A)?  Beri tanda  centang (√ ) pada kolom Benar atau  Salah  untuk  setiap  pernyataan! (sumber:PISA  released  items)

Baca seksama soal di atas, berdasarkan soal tersebut maka level kognitif pada soal tersebut adalah… .... 

A. Penalaran 
B. Penerapan 
CSaintifik 
DPengetahuan dan pemahaman 


27. Perhatikan contoh soal di bawah ini
Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2023-2024


Berdasarkan level kognitifnya, contoh soal tersebut masuk kategori…
A. Level Applying, karena saat menjawab perlu menerapkan prosedur matematika
B. Level Applying, karena saat menjawab perlu memberikan interpretasi dulu dalam membaca data
C. Level knowing, karena saat menjawab cukup dengan cara memodelkan masalah
D. Level knowing, karena saat menjawab cukup dengan cara membaca data pada diagram batang

28. Sebidang  tanah  berbentuk  trapesium  dengan  luas  102  m2.  Di  atas  lahan  tersebut akan dibangun rumah dengan ukuran seperti pada gambar.

Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) Guru PPPK Tahun 2023


Sisa lahan akan digunakan untuk halaman, area kolam, dan taman. Keliling lahan yang digunakan  untuk bangunan rumah ialah…… m.

Untuk dapat menyelesaikan soal di atas, peserta didik harus memiliki kemampuan ……. 
A.   Penalaran tentang konsep geometri bangun datar  
B.  Memahami konsep geometri bangun datar 
C.  Mengaplikasikan konsep geometri bangun datar 
D.  Menghafal definisi geometri 


29.  Perhatikan pernyataan berikut ini

Panggung Tanaman Bunga

Ibu memiliki banyak tanaman bunga di halaman depan rumah. Ibu menginginkan  agar dibuatkan panggung tanaman yang terdiri dari 7 baris seperti ilustrasi di bawah  sehingga rapi dan menarik pembeli.

Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) Guru PPPK Tahun 2023-2024


Baris pertama terdapat pada bagian paling bawah panggung yang terdapat 5 tanaman yaitu kaktus dan mawar. Baris kedua terdapat 8 tanaman bunga matahari dan aster. Baris ketiga terdapat 11 tanaman bunga dahlia dan lidah mertua, sedangkan pada baris keempat terdapat 14 tanaman bunga gelombang cinta dan tulip. Tanaman setiap baris tersusun secara urut berselang-seling dan banyak tanaman pada setiap baris memiliki pola yang sama.

Ibu menjual tanaman-tanaman bunga tersebut mula-mula dengan harga Rp25.000,00 per tanaman untuk baris pertama hingga ketiga. Harga tanaman untuk baris keempat hingga baris teratas adalah Rp40.000,00. Setelah beberapa hari penjualan, ibu menghitung kembali tanamannya. Ibu mendapati tanaman pada baris ke-3 sampai 5 sudah terjual masing-masing 3 buah pada setiap barisnya. Agar siswa dapat menentukan banyaknya sisa tanaman ibu pada baris 3 sampai 5 , maka aktivitas pembelajaran yang dapat dirancang oleh guru yang paling efektif dan efisien adalah sebagai berikut:...

A. Melakukan driling soal dengan tipe sejenis agar siswa terbiasa menyelesaikan soal tentang pola bilangan.
B. Meminta siswa melakukan diskusi kelompok dan menyelesaikan soal dengan cara mereka sendiri di dalam kelompok hingga menemukan pola bilangan dan sisa tanaman pada baris.
C. Menggunakan alat peraga kancing baju dengan warna berbeda sesuai jenis tanaman dan meminta siswa menyusun seperti pada ilustrasi soal hingga menemukan pola bilangan dan sisa tanaman pada baris .
D. Meminta siswa langsung melakukan penataan pot tanaman yang ada di lingkungan sekolah seperti terdapat pada ilustrasi soal hingga menemukan pola bilangan dan sisa tanaman pada baris.


30. Seorang tukang kayu mempunyai kayu sepanjang 32 meter. Ia ingin membuat pagar sekeliling kebun. Jika Panjang kebun 10 m, berapakah lebar kebun yang bisa diberi pagar?  Agar  murid  dapat  menentukan  lebar  kebun  yang  diberi  pagar  dan  memiliki kemampuan penalaran tentang memecahkan masalah, maka pembelajaran tentang domain  numerasi  apakah  yang  sesuai  untuk  diberikan  kepada  murid  dalam membantu memecahkan masalah tersebut? . . . . . . .
A. Domain data dan ketidakpastian tentang peluang suatu kejadian
B.  Domain aljabar tentang persamaan linear
C.  Domain bilangan tentang operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
D. Domain geomerti dan pengukuran tentang bangun datar

Kembali ke Soal Nomor 20 - 25 (disini)

Lanjut ke Soal Nomor 31 - 35 (disini)

Demikian contoh sederhana Contoh Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2023-2024Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================




= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem