Post Popular

SOAL DAN PEMBAHASAN TES POTENSI AKADEMIK (TPA) SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI

Kumpulan Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA)

Latihan Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Sekolah Kedinasan dan lainnya. Tes Potensi Belajar atau Tes Potensi Akademik berguna untuk mengukur potensi belajar/akademik seseorang, yaitu potensi yang dianggap mendasari kemungkinan keberhasilan jika seseorang belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tes ini biasanya diperlukan pada saat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Beberapa Tips yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tes potensi akademik adalah:
1. Saat mengerjakan Soal TPA, jika kimu sudah mentok mengerjakan satu soal yang kita anggap sulit, segera beralih ke soal lainnya. Kerjakan soal berikutnya, karena tidak jarang soal yang berikutnya merupakan soal yang tingkat kesulitannya lebih rendah. Atau jika perlu jangan langsung mengerjakan soal pertama, pilihlah bagian soal yang kalian rasa paling mudah. Usahakan tidak berpikir terlalu lama pada satu soal karena kalian akan kehabisan waktu. Dengan tes ini kita akan diuji seberapa mampukah kita mengambil peluang, soal mana yang kita anggap mudah dan pasti kita kerjakan dulu, selebihnya untuk waktu yang tersisa kita bisa gunakan untuk mengerjakan soal yang belum terjawab.
2. Saat mengerjakan Soal TPA, Kamu harus memiliki rasa percaya diri yang kuat. Ini menjadi sangat penting karena dengan percaya diri, kita akan merasa optimis dan berpikir tanpa emosi sehingga dalam menebak jawaban tidak asal menebak.
3. Dalam mengerjakan soal TPA, Kamu harus fokus dan konsentrasi penuh. Jauhkan semua halhal yang tidak seharusnya dibawa di ruang ujian! Pokoknya fokuskan pikiran kita pada soal yang sedang kita hadapi. Terutama dalam menghadapi penyajian angka, huruf, tanda baca, gambar simbol, kata dan kalimat kalian harus benarbenar cermat. Tapi juga jangan terlalu kaku. Serius tapi tetap santai. Seringkali kita menjadi tidak bisa mengerjakan hanya karena salah memahami soal.
5. Seringlah berlatih dengan kata ilmiah dan lebih bersifat akademisi akan membantu dalam menghadapi test kemampuan verbal. Khusus untuk tes kemampuan kata (Verbal) seperti padanan kata, antonim, sinonim dan analogi, dapat dipersiapkan dengan membaca kamus besar bahasa Indonesia. Atau kalian dapat mengaksesnya melalui situs http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/.
6. Untuk bagian matematika dasar, materi yang serung keluar adalah terkait operasi aljabar sederhana, perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, desimal, perbandingan, dll. Seperti pelajaran matematika SD, SMP dan SMA.
7. Kemampuan kalian dalam berhitung cepat akan sangat menentukan kecepatan kalian dalam mengerjakan sebuah soal. Bayangkan saja 1 soal hitungan hanya diberi waktu maksimal 60 detik! Sedangkan soal yang disajikan tidak kira–kira susahnya. Dalam bentuk kualitatif atau angka. Seperti soal cerita menghitung kecepatan, statistik, bilangan berpangkat, pembagian bilangan pecahan, deret aritmatika, perbandingan luas sisi bidang datar, dimensi tiga dan logika matematika.
8. Untuk mengerjakan soal TPS jenis tes logika. Bukan perasaan kita yang diuji, tapi kemampuan logika kita. Logikanya jika “semua” adalah “tidak ada satu pun”, “sementara” dan “beberapa” adalah “tidak semua”.

Berikut ini Contoh Latihan Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Sekolah Kedinasan dan lainnya dan lainnya.




Link download

Demikian informasi tentang Latihan Soal dan Pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Sekolah Kedinasan dan lainnya dan lainnya. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih. Selamat belajar




= Baca Juga =



Tidak ada komentar

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Diberdayakan oleh Blogger.