Berita
materi kepsek
ukg
PELAKSANAAN DAN KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
Informasi dari BPSDMPK - PMP Kemdikbud dan LPMP akan
dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan
Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.
Adapun Surat Edaran resmi perihal kegiatan Uji Kompetensi
Kepala Sekolah dan Pengawas akan segera menyusul diterbitkan. Berkaitan
dengan hal tersebut, dihimbau bagi seluruh sekolah negeri/swasta naungan
Kemdikbud se-Indonesia untuk memutakhirkan data Kepala Sekolah dan Pengawas di
PADAMU NEGERI selambatnya 4 Maret 2015 sebagai dasar penetapan calon peserta
Uji Kompetensi dimaksud.
Adapun kisi-kisi UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
adalah sebagai berikut
Tabel: KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Manajerial
|
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah
untuk berbagai tingkatan perencanaan
|
1)
Merumuskan visi
sekolah/ madrasah
2)
Membedakan
rumusan visi dan misi
3)
Merumuskan misi
sekolah/ madrasah
4)
Membedakan
rumusan misi dan tujuan sekolah/ madrasah
5)
Merumuskan
tujuan sekolah/ madrasah
6)
Membedakan
rumusan visi dan tujuan sekolah/ madrasah
7)
Menyusun
rencana kerja sekolah/ madrasah
8)
Menyusun
perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
9)
Mengarahkan
perencanaan evaluasi program
|
Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka
pendayagunaan sumber daya secara optimal
|
ü Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman sekolah/madrasah
ü Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam
perencanaan dan pelaksanaan program
|
|
Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
|
ü Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan
pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta
didik untuk berpartisipasi aktif.
ü Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi
timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat
dan perkembangan psikologis peserta didik
ü Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara
sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
|
|
Mengelola guru dan staf dalam rangka
pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
|
ü Menganalisis kebutuhan guru dan staf
ü Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi
yang dimiliki
ü Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian
berkelanjutan
ü Menerapkan prinsip penghargaan dan pembinaan untuk
meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
|
|
Mengelola sarana dan prasarana
sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
|
ü Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
ü Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai
pengelolaan sarana prasarana
ü Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada
di lingkungan sekolah/madrasah
ü Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana
prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
|
|
Mengelola peserta didik dalam rangka
penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas
peserta didik
|
ü Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
ü Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan,
akuntabel, dan tidak diskriminatif
ü Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang
bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
ü Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat,
dan minat
|
|
Mengelola keuangan sekolah/madrasah
sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
|
ü Menyusun RKAS
ü Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah
secara transparan dan akuntabel
ü Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran
Sekolah/madrasah (RKAS)
|
|
Mengelola ketatausahaan sekolah/ madrasah
dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah
|
ü Membuat daftar urut kepangkatan pegawai menerapkan
pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
|
|
Melakukan monitoring, mengevaluasi,
dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur
yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
|
ü Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui
Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
ü Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan
evaluasi program sekolah/madrasah
|
|
Usaha Pengembangan Sekolah
|
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah
sesuai dengan kebutuhan
|
ü Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah
sebagai organisasi pembelajar yang efektif
ü Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah
sesuai hasil analisis tugas dan fungsi Melaksanakan rincian tugas dan fungsi
pengembangan struktur organisasi
ü Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai
dengan struktur organisasi
|
Mengelola perubahan dan pengembangan
sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
|
ü Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi
pembelajar
ü Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi
seluruh warga sekolah/madrasah
ü Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
perangkat organisasi pembelajar
|
|
Mengelola hubungan sekolah/ madrasah
dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/ madrasah
|
ü Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder
dalam penyelenggaraan pendidikan
ü Membangun kemitraan dalam pengembangan
sekolah/madrasah
ü Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/
pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
|
|
Mengelola proses pencapaian 8 SNP
sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
|
ü Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu
kepada standar isi
ü Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran
yang mengacu kepada standar proses
ü Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang
mengacu kepada standar penilaian
ü Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar
kompetensi lulusan
|
|
Mengelola unit layanan khusus sekolah/
madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di
sekolah/madrasah
|
ü Merumuskan tujuan layanan khusus
ü Menyusun program unit layanan khusus sekolah
ü Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan
pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
ü Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
|
|
Mengelola sistem informasi pendidikan
di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan
keputusan
|
ü Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan
Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam
membantu pengambilan keputusan
|
|
Memanfaatkan kemajuan teknologi
informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
|
ü Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
pengolahan data
ü Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam
penyampaian informasi sekolah Memfasilitasi guru dalam merancang model
pembelajaran berbasis ICT
ü Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran
berbasis ICT
|
|
Kepemimpinan Pembelajaran
|
Mengembangkan strategi dalam
peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
|
ü Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
ü Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
ü Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi
belajar.
|
Membangun kultur pembelajaran yang
progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai
target optima
|
ü Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
ü Mendukung iklim pembelajaran akademis
ü Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga
sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
|
|
Melibatkan pemangku kepentingan dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
|
ü Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi
permasalahan pembelajaran
ü Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan
hal yang terbaik
ü Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses
dan hasil pembelajaran
|
|
Melibatkan pemangku kepentingan dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran
|
ü Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga
sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
ü Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan
eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran
|
|
Meningkatkan hasil belajar warga
sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
|
ü Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
ü Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk
meningkatkan profesionalisme warga sekolah
|
|
Kewirausahaan
|
Menciptakan inovasi yang berguna bagi
pengembangan sekolah/ madrasah
|
ü Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/
madrasah
ü Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan
sekolah
|
Bekerja keras untuk mencapai
keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
|
ü Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
ü Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja
keras
ü Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan
sekola
|
|
Memiliki motivasi yang kuat untuk
sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/
madrasah
|
ü Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
ü Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target
yang ditetapkan
|
|
Pantang menyerah dan selalu mencari
solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/ madrasah
|
ü Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang
dilakukan
ü Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi
kendala yang dihadapi sekolah
|
|
Memiliki naluri kewirausahaan dalam
mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar
peserta didik
|
ü Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya
sekolah
ü Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan
sekolah
|
|
Supervisi
|
Merencanakan program supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
|
ü Menyusun program supervisi akademik
ü Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
ü Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada
masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
ü Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang
efektif
ü Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi
akademik Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
|
Melaksanakan supervisi akademik
terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
|
ü Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada
kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
ü Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang
terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi
akademik
ü Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik
yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
ü Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran
supervisi akademik
ü Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung
keefektifan supervisi akademik
|
|
Menindaklanjuti hasil supervisi
akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
|
ü Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi
akademik (outcome)
ü Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil
langsung (output) supervisi akademik
ü Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan
tindak lanjut
ü Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan
hasil evaluasi supervisi akademik
ü Menentukan langkah-langkah supervisi klinis
|