APLIKASI RKAS - ARKAS VERSI 3.3 DAN ARKAS VERSI 4.0

Aplikasi RKAS atau ARKAS versi 3.3 dan ARKAS versi 4.0. Tahun Pelajaran 2022/2023


a. Unpdate Informasi tentang Aplikasi RKAS atau ARKAS versi 3.3 dan ARKAS versi 4.0. Tahun Pelajaran 2022/2023

Download Aplikasi ARKAS versi 3.3. dan Aplikasi Aplikasi ARKAS versi 4.0. Dalam rangka menindaklanjuti beberapa laporan terkait adanya permasalahan pada Aplikasi RKAS dan penambahan referensi untuk kertas kerja tahun anggaran 2022. Serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Dana BOS Reguler oleh Satuan Pendidikan yang sesuai dengan Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2021 Tentang Petunjuk teknis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler, maka berdasarkan hal tersebut Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menegah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merilis Aplikas Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 3.3. Bahkan setelah versi ini, Kemendikbud akan melunurkan Aplikasi Aplikasi ARKAS versi 4.0. melalui laman resmi RKAS Kemendikbud.

 

Berikut informasi pembaruan ARKAS Versi 3.3 Kemdikbud: 

·          Buka anggaran tahun 2022;

·          Perbaikan Hapus BKU bulan agustus menjadi draf;

·          Perbaikan anggaran sudah direalisasi muncul kembali;

·          Perbaikan cek status;

·          Perbaikan copy anggaran tahun sebelum;

·          Perbaikan BKU Hilang;

·          Perbaikan Report tidak balance;

·          Optimalisasi aplikasi.

 

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi RKAS Versi 3.2, dapat melakukan pembaruan Aplikasi RKAS Versi 3.3 secara otomatis dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

·          Patikasn Laptop terkoneksi dengan internet;

·          Buka Aplikasi Arkas;

·          Isikan username dana password;

·          Klik Tombol login;

·          Aplikasi akan update otomatis;

·          Klik tombol Sinkron dimenu Utama.

 

Satuan Pendidikan dapat juga melakukan update manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

·          Unduh Installer pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/;

·          Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.3;

·          Buka Aplikasi RKAS;

·          Pilih tahun anggaran 2022;

·          Isikan Usernama dan Password;

·          Klik tombol Login Aplikasi RKAS;

·          Klik tombol Sinkron dimenu Utama;

·          Isi Kertas Kerja;

·          Lalu ajukan pengesahan. 

 

Bagi Satuan pendidikan yang belum Instal Aplikasi RKAS (ARKAS 3.3), dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

·          Unduh Installer pada laman https://arkas.kemdikbud.go.id/;

·          Klik 2x untuk Install Aplikasi RKAS Versi 3.3;

·          Buka Aplikasi RKAS;

·          Isi Form Registrasi Pastikan terkoneksi dengan Internet;

·          Isikan Usernama dan Password;

·          Pilih tahun anggaran 2022;

·          Klik tombol Login Aplikasi RKAS;

·          Klik tombol Sinkron dimenu Utama;

·          Isi Kertas Kerja;

·          Lalu ajukan pengesahan. 

 

Link Download Aplikasi RKAS atau ARKAS Versi 3.3 (Disini)  

Link download Aplikasi  RKAS atau ARKAS versi 4.0. (Disini)

Link download Panduan ARKAS versi 3.3 dan ARKAS versi 4.0 (disini)

 

Demikian informasi tentang Link Download Aplikasi ARKAS versi 3.3. dan ARKAS versi 4.0 tahun 2022/2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


B. Unpdate Informasi tentang Aplikasi RKAS (ARKAS) Dikdasmen Kemdikbud Versi 2.00 Untuk Laporan BOS Tahun 2020.

Download Aplikasi ARKAS versi 3.3. dan ARKAS versi 4.0 tahun 2022/2023


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 (tahun pelajaran 2019/2020 dan tahun 2020/2021). Apalikasi ini untuk mendukung Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Dalam Permendikbud tersebut dinyatakan bahwa salah satu tugas dan tanggung jawab tim BOS sekolah adalah melakukan input RKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian (melalui Aplikasi RKAS ARKAS Versi 2.0).

Aplikasi RKAS (ARKAS) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 ((tahun pelajaran 2019/2020 dan tahun pelajaran 2020/2021) pada intinya dibuat untuk membantu sekolah dalam membuat pertanggungjawaban dana BOS yang akuntibel dan transparan. Sebagaimana diketahui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler tahun 2020 merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mekanisme baru dalam penyaluran dan penggunaan dana BOS Reguler diharapkan meningkatkan daya dukung BOS untuk kebutuhan operasional sekolah. Mendukung program BOS yang transparan dan akuntabel sekolah diharuskan memperhatikan ketentuan pengelolaan Dana BOS Reguler di sekolah.

Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0 ini merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah. Untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.0.

Adapun Pembaruan Aplikasi RKAS - ARKAS versi 2.0 tahun 2020 adalah mengakomodir perubahan sesuai mekanisme BOS reguler tahun 2020, diantaranya yaitu:
·          Pembaruan tampilan
·          Perubahan Aktivasi BKU dari Triwulan ke Tahapan
·          Perubahan laporan realisasi (K7a) per Triwulan menjadi per Semester
·          Referensi Kode menggunakan aturan juknis BOS terbaru
·          Salin Anggaran tahun sebelumnya untuk SMA, SMK dan SLB di hapus dikarenakan berbeda total referensi kode nya
·          Pilihan guru yang ber-NUPTK dan belum bersertifikat pada saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Guru
·          Pilihan tenaga administrasi saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Tenaga Administrasi
·          Pilihan pegawai perpustakaan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor Pegawai Perpustakaan
·          Pilihan Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan saat memilih kegiatan Pembayaran Honor penjaga sekolah/satpam/pegawai kebersihan
·          Data Siswa update berdasarkan Kepmendikbud
·          Penambahan anggaran SilPA BOS Afirmasi / Kinerja

Untuk menggunakan Aplikasi RKAS - ARKAS versi 2.0 tahun 2020, berikut ini petunjuk installasi ARKAS Versi 2.0 (tahun pelajaran 2019/2020 semester 2 dan tahun pelajaran 2020/2021 Semester 1)
·          Unduh aplikasi ARKAS Versi 2.0 pada laman http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download
·          Install ARKAS Versi 2.0 sampai dengan selesai

Bagi sekolah yang telah menginstal ARKAS versi sebelumnya, maka dapat langsung melakukan installasi ARKAS versi 2.0 tanpa harus melakukan install ulang Aplikasi ARKAS terlebih dahulu

Sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan LPMP sesuai dengan kewenangannya diharapkan mensukseskan proses input RKAS di satuan pendidikan melalui ARKAS.

Link Unduhan atau download ARKAS Versi 2.0 

Link Altentaif Unduhan atau download Aplikasi RKAS Versi 2.0

Manual Pentunjuk Penggunaan Aplikasi RKAS Versi 2.0

Demikian informasi tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merilis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Versi 2.0 Untuk Periode Anggaran Tahun 2020 (tahun pelajaran 2019/2020 semester 2 dan tahun pelajaran 2020/2021 Semester 1). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.


================

b. Informasi Sebelumnya tentang Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Dikdasmen Kemdikbud/kemendikbud.


Aplikasi Sistem Informasi RKAS Dikdasmen  -  http://ainamulyana.blogspot.com

Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019/2020. Aplikasi Sistem Informasi RKAS (Rencana  Kegiatan  dan  Anggaran  Sekolah) Dikdasmen Kemdikbud merupakan  sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah  mulai  dari  proses  perencanaan,  pengorganisasian,  pengarahan, pengkoordinasian,  pengawasan  atau  pengendalian. Dengan  sistem  yang terdistribusi  diharapkan  berbagai  pihak  yang  terlibat  mampu  berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan,  dimana  setiap  report  yang  dihasilkan  sudah  disesuaikan  dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019/2020 atau Aplikasi Sistem Informasi RKAS (SI-RKAS) Dikdasmen Kemdikbud atau yang dikenal dengan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (SI-RKAS) ini memiliki fitur auto update, sehingga jika ada versi yang terbaru dan menemukan  koneksi  internet  maka akan  secara  otomatis  terupdate  ke  versi yang  terbaru.  Pada  proses  update  ini  biasanya  aplikasi  ketika  dijalankan  akan terasa  lambat,  hal  ini  dikarenakan  ada  proses  download  terlebih  dahulu.  Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS. Ketika sudah masuk  ke  dalam  aplikasi,  untuk  pertama  kali  kita  akan  diminta  melakukan aktivasi.  Pada  form  aktivasi  ini  sekolah  bisa  memperolehnya  dari dinas pendidikan sekolah tersebut.

Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019/2020 - Aplikasi Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan sistem  yang  terpusat  (terdistribusi),  dimana  dalam  pengolahan  datanya  ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten. Namun demikian sistem  ini  juga  dapat  bekerja  secara offline,  sehingga  tidak  merepotkan  para user  yang  menggunakannya.

Buku  Panduan Aplikasi Sistem  Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (SI-RKAS) - Buku Panduan Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019/2020 merupakan buku petunjuk bagaimana langkah-langkah  dalam  menggunakan  aplikasi RKAS.  Dengan  adanya  buku panduan  ini  diharapkan  bagi  user  yang  menggunakan  Aplikasi RKAS ini  tidak menemukan  kesulitan,  sehingga  dapat  membantu  pihak  sekolah  dalam membuat laporan-laporan keuangannya dengan baik.


Buku Panduan Aplikasi Sistem Informasi RKAS Dikdasmen  -  http://ainamulyana.blogspot.com

Bagi Anda yang belum memiliki Aplikasi serta Panduan Aplikasi Sistem  Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS dikdasmen kemdikbud) silahkan download melalui link di bawah ini

Link Download Aplikasi SI-RKAS dikdasmen kemdikbud Versi 1.22 ---DISINI---

Link Download Buku Panduan Aplikasi SI-RKAS dikdasmen kemdikbud Versi 1.22 ---DISINI---

Demikian informasi tentang Unduh Aplikasi RKAS Kemdikbud 2019/2020 - Aplikasi SI RKAS (Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) Dikdasmen Kemendikbud dan Buku Panduan Aplikasi RKAS Dikdasmen Kemendikbud Versi 1.22. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Selamat bekerja, semoga sukses.





= Baca Juga =



4 comments:

  1. Terima kasih telah berbagi ERKAS DIKDASMEN untuk SD SMP SMA SMK Infonya sangat bermanfaat, sebagai panduan Kami dalam pembuatan RKAS dan Pengelolaan DANA BOS Tahun 2019

    ReplyDelete
  2. Untuk pencairan dan penggunaan dana BOS 2020 dibagi tiga tahap, tapi aplikasi RKAS ver. 2.0 masih 4 triwulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info dri oprtor dinas, pencairanx saja yg 3 tahap tpi pelaporan tetap 4 triwulan.makanya d aplikasi arkas tetap terliht 4 triwulan

      Delete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter