>

BUKU 5 TENTANG PENILAIAN KEGIATAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) EDISI MARET 2019

 Buku 5 Tentang Pedoman Penilaian Kegiatan PKB Edisi Maret 2019

Buku 5 Tentang Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Edisi Maret 2019. Pendidikan  merupakan  suatu  proses  yang  sangat  strategis  dalam mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  sehingga  harus  dilakukan secara profesional. Oleh sebab itu, guru sebagai salah satu pelaku pendidikan haruslah seorang  yang profesional. Dengan demikian keberadaan  guru  di  dalam  proses  pendidikan  dapat  bermakna bagi  masyarakat  dan  bangsa.  Kebermaknaan  guru  bagi masyarakat  akan  mendorong  pada  penghargaan  yang  lebih  baik dari masyarakat kepada guru.

Guru  diharapkan  mampu  berpartisipasi  dalam  pembangunan nasional  untuk  mewujudkan  insan  Indonesia  yang  bertakwa kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  unggul  dalam  ilmu  pengetahuan dan  teknologi,  memiliki  jiwa  estetis,  etis,  berbudi  pekerti  luhur, dan  berkepribadian.  Tidaklah  berlebihan  kalau  dikatakan  bahwa masa  depan  masyarakat,  bangsa  dan  negara  sebagian  besar ditentukan  oleh  guru.  Agar  tugas  dan  fungsi  yang  melekat  pada jabatan  fungsional  guru  dilaksanakan  sesuai  dengan  aturan  yang berlaku, maka mutlak diperlukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas  dan  kewajiban  guru  dalam  melaksanakan  pembelajaran/ pembimbingan,  dan/atau  tugas-tugas  tambahan  yang  relevan dengan fungsi sekolah. Penilaian kinerja guru ini dilakukan untuk menjamin  terjadinya  proses  pembelajaran yang  berkualitas  di semua  jenjang  pendidikan  sekaligus  menjaga  profesionalitas seorang  guru.  Di  samping  itu,  sebagai  guru  profesional  guna diwajibkan  untuk  senantiasa  melakukan  kegiatan  pengembangan keprofesian  berkelanjutan  untuk  meningkatkan  kemampuan  diri guru  dalam  melaksanakan  tugasnya.  Kegiatan  pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru meliputi kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan  karya  inovatif  yang  merupakan  unsur  utama  dalam pengembangan karir guru.

Bersama-sama dengan hasil pelaksanaan kegiatan pengembangan diri,  pengembangan  publikasi  ilmiah,  dan/atau  karya  inovatif, hasil  penilaian  kinerja  guru  dikonversikan  menjadi  angka  kredit yang  diperlukan  untuk  kenaikan  jabatan  fungsional  guru sebagaimana  ditetapkan  dalam  Permenneg  PAN  dan  RB  Nomor 16  Tahun  2009.  Melalui  penetapan  angka  kredit  yang  obyektif, transparan,  dan  akuntabel  terhadap  unsur-unsur  tersebut  akan dapat  mencerminkan  korelasi  yang  signifikan  antara  kenaikan jabatan  fungsional  guru  dengan  peningkatan  profesionalitasnya. Dengan kata lain semakin tinggi jabatan fungsional seorang guru, maka  semakin  semakin  kompeten  guru  tersebut  dalam melaksanakan tugas keprofesiannya.

Agar setiap Tim Penilai mempunyai persepsi yang sama di dalam melakukan  penilaian  terhadap  kegiatan  pengembangan keprofesian  berkelanjutan  Pengembangan  Profesi  Guru, dipandang perlu dibuat

Buku 5 Tentang Pedoman - Juknis Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Edisi Maret 2019, dibuat agar dapat dijadikan acuan bagi tim penilai angka kredit guru sehingga setiap Tim Penilai mempunyai persepsi yang sama di dalam melakukan  penilaian  terhadap  kegiatan  pengembangan keprofesian  berkelanjutan  Pengembangan  Profesi  Guru, dipandang perlu dibuat.




Link download Buku 5 Tentang Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Edisi Maret 2019 pdf ----disini---

Demikian informasi tentang Buku 5 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Edisi Maret Tahun 2019 Tentang Pedoman - Juknis Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Edisi Maret 2019. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 


= Baca Juga =



Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter