PIGP (PROGRAM INDUKSI GURU PEMULA) |
Program Induksi Guru Pemula (PIGP) adalah
kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik
pemecahan berbagai permasalahan dalam
proses pembelajaran/bimbingan dan konseling bagi guru pemula pada
sekolah/madrasah di tempat tugasnya. Guru pemula adalah guru yang baru pertama
kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan dan konseling pada
satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.
A. Tujuan PIGP
Pelaksanaan PIGP bertujuan untuk membimbing guru pemula agar dapat:
a) beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya
sekolah; dan
b) melaksanakan pekerjaannya sebagai guru
profesional di sekolah.
B. Manfaat PIGP Terkait dengan Status
Kepegawaian
Program induksi dilaksanakan sebagai salah
satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru bagi guru pemula yang
berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS) mutasi
dari jabatan lain. Bagi guru pemula yang
berstatus bukan PNS, PIGP dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan
dalam jabatan guru tetap.
C. Prinsip Penyelenggaraan PIGP
Program induksi guru pemula diselenggarakan
berdasarkan prinsip:
1)
keprofesionalan: penyelenggaraan program yang didasarkan pada kode etik
profesi, sesuai bidang tugas;
2)
kesejawatan: penyelenggaraan atas dasar hubungan kerja dalam tim;
3)
akuntabel: penyelenggaraan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik; dan
4)
berkelanjutan: dilakukan secara terus menerus dengan selalu mengadakan
perbaikan atas hasil sebelumnya.
D. Peserta
PIGP
Peserta
PIGP adalah:
a)
guru pemula berstatus CPNS yang ditugaskan pada sekolah yang diselenggarakan
oleh pemerintah atau pemerintah daerah;
b)
guru pemula berstatus PNS mutasi dari jabatan lain; atau
c)
guru pemula bukan PNS yang ditugaskan
pada sekolah yang diselenggarakan oleh masyarakat.
D. Hak Guru Pemula
Guru
pemula berhak:
1)
memperoleh
bimbingan dalam hal:
2)
perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian proses dan hasil pembelajaran, bagi guru kelas dan
guru mata pelajaran;
3)
perencanaan,
pelaksanaan dan penilaian hasil proses bimbingan dan konseling, bagi guru
bimbingan dan konseling;
4)
pelaksanaan
tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
5)
memperoleh
salinan lembar hasil observasi pembelajaran yang telah ditandantangani
oleh pembimbing atau kepala sekolah
dan pengawas sekolah.
6)
memperoleh
dukungan dari sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan pengembangan
keprofesian berkelanjutan.
7)
memperoleh
laporan hasil penilaian kinerja guru pemula;
8)
memperoleh
sertifikat bagi guru pemula yang telah menyelesaikan PIGP dengan nilai kinerja
paling kurang kategori baik.
E. Kewajiban Guru Pemula
Guru
pemula memiliki kewajiban:
1)
merencanakan,
melaksanakan pembelajaran/bimbingan dan konseling yang bermutu, menilai dan
mengevaluasi hasil pembelajaran/bimbingan dan konseling, serta melaksanakan
perbaikan dan pengayaan;
2)
melaksanakan
pembelajaran antara 12 (dua belas) hingga 18 (delapan belas) jam tatap muka per
minggu bagi guru mata pelajaran/guru kelas, atau beban bimbingan antara 75
(tujuh puluh lima) hingga 100 (seratus) peserta didik bagi guru bimbingan dan
konseling.
F. Tempat dan Waktu
Pelaksanaan
Program
Indiksi guru pemula dilaksanakan di satuan pendidikan tempat guru pemula
bertugas selama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang paling lama 1 (satu)
tahun.
G. Tanggung Jawab
Pihak Terkait dalam PIGP
Pihak
yang terkait dalam pelaksanaan PIGP adalah guru pembimbing, kepala sekolah, dan
pengawas sekolah.
H. Sistematika
Laporan PIGP
Laporan
hasil pelaksanaan program induksi yang di susun oleh kepala sekolah/madrasah meliputi
:
1. Data
sekolah/madrasah dan waktu pelaksanaan program induksi;
a.
Identitas Sekolah
Nama
Sekolah
|
:
|
|
NIS
|
:
|
|
Status
Sekolah
|
:
|
|
Alamat
Sekolah
|
:
|
|
Kecamatan
|
;
|
|
Kabupaten/Kota
|
:
|
|
Propinsi
|
:
|
|
Nama
Kepala Sekolah
|
:
|
b.
Waktu Pelaksanaan Program Induksi
No
|
Tahap
kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Persiapan
|
|
2.
|
Perencanaan
|
|
3.
|
Pembimbingan
|
|
4.
|
Penilaian
Penilaiam
tahap 1
Penilaian
tahap 2
|
|
5.
|
Pelaporan
|
2.
Data guru pemula peserta program induksi;
Identitas
Guru Pemula
Nama
Guru
|
:
|
|
NIP
|
:
|
|
Tempat/Tgl
Lahir
|
:
|
|
Pendidikan
terakhir
Program/Jurusan
Perguruan
Tinggi
|
:
:
:
|
(diploma, S1, S2, S3)
|
Status
Pegawai
|
:
|
|
Golongan
|
:
|
|
Guru
Bidang Studi
|
:
|
3. Deskripsi pelaksanaan pembimbingan oleh
pembimbing;
Mendeskripsikan proses pembimbingan oleh pembimbing
yang secara reguler dilakukan dari bulan ke-2 sampai bulan ke-9 minimal
sebanyak 6 kali, yang meliputi :
a.
Tahap Persiapan Pembimbingan
Mendeskripsikan
kegiatan yang dilakukan guru pembimbing pada tahap persiapan dilengkapi dengan
dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1) Silabus
2) RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3) Program Tahunan
4) Program Semesteran
5) Pelaksanaan proses pembelajaran
6) Penilaian hasil pembelajaran
7) Pengawasan proses pembelajaran
b. Tahap Proses Observasi Pembelajaran
Mendeskripsikan Proses
Observasi Pembelajaran yang dilakukan seminggu sekali selama 9 bulan (.
Proses observasi yang digambarkan meliputi; kegiatan pra observasi, kegiatan observasi dan kegiatan pasca
observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1)
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
2)
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah/Madrasah Lembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
3) catatan dan rekomendasi guru pembimbing pasca
observasi
4. Deskripsi
pelaksanaan pembimbingan oleh kepala sekolah dan pengawas;
a) Tahap Persiapan Pembimbingan
Deskripsikan kegiatan
yang dilakukan kepala sekolah pada tahap persiapan dilengkapi dengan
dokumen-dokumen yang digunakan pada tahap persiapan, meliputi:
1)
Silabus
2)
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
3)
Program Tahunan
4)
Program Semesteran
5)
Pelaksanaan proses pembelajaran
6)
Penilaian hasil pembelajaran
7)
Pengawasan proses pembelajaran
b) Tahap Proses
Observasi Pembelajaran
Deskripsikan tahapan Proses
Observasi Pembelajaran yang meliputi; kegiatan pra observasi, kegiatan observasi dan kegiatan pasca
observasi. Deskripsi yang yang diberikan dilengkapi dengan;
1)
Dokumen Lembar Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
2)
Dokumen Lembar penilaian Observasi Pembelajaran
Kepala Sekolah/Madrasah dan Lembar Refleksi Pembelajaran yang digunakan oleh guru pemula sebelum pada kegiatan pra observasi.
3) catatan dan rekomendasi kepala sekolah/madrasah pasca observasi
4) persetujuan Kepala sekolah/madrasah dan guru
pemula yang dibuktikan dengan petandatangan persetujuan kedua belah pihak.
5. Hasil
Penilaian Kinerja Guru Pemula yang menyatakan kategori Nilai Kinerja Guru
Pemula (Amat Baik, Baik, Cukup, Sedang dan Kurang), ditandatangani Kepala
Sekolah/Madrasah dan pengawas sekolah/madrasah;
BERIKUT
INI DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PIGP
Demikian informasi tentang CONTOH LAPORAN PIGP. Semoga bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru yang sedang melaksanakan program induksi guru pemula.
==================================
Tags:
Berita
Terima kasih atas infonya
Makasih infonya, saya sudah download contoh laporan PIGP Yogya, kalau ada mhn si sahrre contoh Laporan PIGP kab Pdg.
Pandeglang mah teu bogaeun meren pk
tidak bisa di download yaa
semua link tidak bisa diakses pak ...
Terimakasih bantuannya. Ini saya jadikan acuan dalam menyusun PIGP. SUKSMA
Mantap, terimakasih
Assalamu'alaikum terimakasih banyak pak,,,, Saya do'akan semoga menjadi ladang amal ibadah bapak,,, Aamiin yaa Allah