SOAL UM PTKIN TAHUN 2018 DAN SOAL UM PTKIN TAHUN 2017

 Soal UM PTKIN TAHUN 2018 dan Soal UM PTKIN TAHUN 2017

Sebelum berbagi bahan Latihan menghadapi Soal UM PTKIN 2019  pada kesempatan ini admin akan berbagi Naskha Asli Soal UM PTKIN Tahun 2018 dan Soal UM PTKIN Tahun 2017. Apa itu UM PTKIN adalah merupakan mekanisme seleksi masuk UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilaksanakan serentak. Pelaksanaan Ujian tertulis berlokasi di 57 Kampus UIN/IAIN/STAIN di Indonesia. 


Apa saja ketentuan mengikuti pendaftaran UM PTKIN 2019. Mengacu pada ketentuan tahun sebelumnya berikut ini perkiraan ketentuan mengikuti seleksi pendaftaran UM-PTKIN 2019, yakni: Lulus tahun 2017, 2018 dan 2019 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2019 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah. Selain itu, Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian. Harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Siswa (Calon Mahasiswa) dapat mengajukan Beasiswa Bidikmisi saat masa Pendaftaran UM PTKIN dengan syarat yang telah ditetapkan oleh panitia. Terkait Tata Cara Pendaptaran UM PTKIN, berikut ini langkah-langkah atau tatacara Pendaftaran UM PTKIN.
1) Calon peserta mengisi biodata pada www.um-ptkin.ac.id;
2) Cetak SIP (Slip Instruksi Pembayaran) dan PIN;
3) Melakukan Pembayaran di BANK BNI;
4) Melanjutkan Pendaftaran;
5) Printout/Cetak kartu ujian;
6) Validasi ke PANLOK tempat ujian berlangsung;
7) Mengikuti Ujian;
8) Pengumuman
9) Registrasi Ulang

Bagi Adik-adik yang akan mengikuti UM PTKIN 2019, selain harus mempelajari Latihan soal UM PTKIN 2019 dengan mempelajari Naskah Asli Soal UM PTKIN Tahun 2018 dan Soal UM PTKIN Tahun 2017 atau soal-soal sebelumnya serta materi lainnya. Perlu diketahui bahwa Kelompok ujian UM PTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu : UM PTKIN Kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPA. Kelompok UM PTKIN Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan IPS. Dan Kelompok UMPTKIN Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC), dengan materi ujian Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan Campuran (IPA dan IPS).

Jadi yang membedakaan UM PTKIN dengan SMBPTN adalah materi tes pada kelompok TKD. TKD dalam UM PTKIN ada materi bahasa arab dan keislaman.

 Soal TKD UMPTKIN (UM PTKIN) TAHUN 2018 2017 dan 2016

Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS dan jika peserta memilih prodi IPA dan IPS diantara semua pilihan maka kelompok peserta adalah IPC. Semua kelompok ujian (IPA/IPS/IPC) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia.

Peserta UMPTKIN dapat memilih tipe ujian yang disukai, Ada 2 (dua) macam tipe ujian yaitu : Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK). Dan Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada teknik penyajian yang tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.  Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.


 Soal UM PTKIN (UM-PTKIN) kemampuan IPA IPS IPC tahun 2018 2017 dan 2016

Setelah admin berbagi info tentang UMPTKIN, berikutnya admin akan berbagi soal latihan UMPTKIN 2019 yang bersumber dari Naskah Asli Soal TKD UMPTKIN Tahun 2018 dan Soal TKD UMPTKIN Tahun 2017 serta Soal TKD UMPTKIN Tahun 2016. Ditambahkan juga Soal UMPTKIN Tahun 2018 kemampuan IPA IPS dan IPC dan Soal TKD UMPTKIN Tahun 2017 kemampuan IPA IPS dan IPC  serta Soal TKD UMPTKIN Tahun 2016 kemampuan IPA IPS dan IPC. Namun, posting ini mungkin belum lengkap karena keterbatasan informasi dan akan diuptade jika diperoleh informasi baru. Para pembaca juga bisa memberika info baru guna membantu adik-adik yang akan mengikuti seleksi UMPTKIN.

Nggak banyak cerita yang berikut ini Kumpulan Naskah Asli Soal UM-PTKIN Tahun 2018 dan Soal UM-PTKIN Tahun 2017 serta Soal UM-PTKIN Tahun 2016 dalam format pdf yang dapat di download secara gratis.  Laman ini menyediakan Soal UM-PTKIN Tahun 2018 2017 2016 Gratis.

Link Download Soal TKD UMPTKIN Tahun 2018 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal TKD UMPTKIN Tahun 2017 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal TKD UMPTKIN Tahun 2016 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPS UMPTKIN Tahun 2018 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPS UMPTKIN Tahun 2017 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPS UMPTKIN Tahun 2016 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPS UMPTKIN Tahun 2014 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPA UMPTKIN Tahun 2018 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPA UMPTKIN Tahun 2017 – Pdf Gratis (disini)
Link Download Soal IPA UMPTKIN Tahun 2016 – Pdf Gratis (disini)

Demikian informasi tentang Link Download Naskah Asli Soal UMPTKIN Tahun 2017 dan Soal UMPTKIN Tahun 2018 TKD, IPS IPA IPC. Untuk Latihan menghadapi Soal UMPTKIN 2019, semoga bermanfaat. Terima kasih.




= Baca Juga =



73 comments:

  1. Makasih sudah berbagi Soal UM PTKIN Polines tahun 2017 dan 2018, klu ada Pembahasan Soal UM PTKIN 2018 dan Pembahasan Soal UM PTKIN 2018 ditunggu ya dalam format pdf. atau kirim ke arso2000@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak saya juga mau pembahasan soal tka dan tkd ips nya, email saya pupung167@gmail.com
      Terimakasih kak...

      Delete
    2. Saya juga mau pembahasan tkd + ips-nya dong kak. Tolong kirim ke
      silvi160101@gmail.com

      Delete
    3. kak saya juga mau pembahasan tka + tkd ipsnya dong.email saya ssamaklee123@gmail.com
      terima kasih

      Delete
    4. assalamualaikum, kak saya juga mau soal pembahasan tka+tkd ipa nya dong ka. tolong kirim ke email saya mutiatyas24@gmail.com

      terima kasih

      Delete
  2. Tadi saya sudah kirim pembahasan Soal UM PTKIN 2017 dan Pembahasan Soal UM PTKIN 2018 coba di cek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak sya mau juga pembahasan soal tka dan tkd soshum 2017&2018 kak,ke email saya syafirarhml@gmail.com ,terimakasih kak...

      Delete
    2. kk saya juga mau pembahasannya yang ips..sama tkd...kirim ke email arifinmiftah9799@gmail.com


      terimakasih sebelumnya.
      semoga semakin jaya

      Delete
    3. Kak kami boleh minta juga gak kak pembahasan soal TKD,TPA dan IPS umptkin 2017 2018 dlm bentuk pdf,email saya razaqazka15@gmail.com bantuin sayaaa dong kakk saya mohon banget,terimakasih kak sbelumnya

      Delete
    4. kak, maaf saya boleh minta pembahasan soal-soal TKD,TPA dan IPS umptkin 2016-2018 dalam bentuk pdf, email saya arhashusein@gmail.com,
      mohon bantuannya kak..
      terimakasih sebelumnya

      Delete
    5. Kak minta pembahasan donhg kak
      Sariamelia.190@gmail.com

      Delete
    6. Ka, mau pembahasan soal TKD dan IPS nya dong ka..
      Jurusanku bukn ips ,jadi agak susah buat jawab .
      Tolong ka kirim ke email @Nurfatihafarah1@gmail.Com

      Delete
    7. Kak saya mau juga pembahasan soal umptkin IPS 2018 dan TKD nya dededeol012@gmail.com . Makasih kak sebelumnya

      Delete
    8. assalamualaikum kak. maaf sebelumnya, saya boleh minta soal TKA dan TKD Soshum nya kak? kalau boleh kirim ke alamat email lisdafadillah10@gmail.com terimakasih :)

      Delete
    9. kak bisa minta pembahasan TKD, IPS sama IPAnya tidak? tolong kirim ke gmail saya ya nurulaqliyah30@gmail.com

      Delete
    10. kak boleh minta pembahasan soal tkd+tka ipa nya. tolong kirim ke email saya mutiatyas24@gmail.com ya ka. terimakasih ka dan mohon bantuannya ka

      Delete
  3. kenapa yaa soal umptkin ipa 2018 gabisa dibuka

    ReplyDelete
  4. Kak saya mau pembahasan tkd dan ips nya 2017 dan 2018

    ReplyDelete
  5. Kak saya mau pembahasan tkd sama ips nya 2018 atau 2017
    Kalo bisa keduanya
    Kirim ke email. tendirhmd@gmail.com

    ReplyDelete
  6. KAK KOK GC BISA DI DOWNLOAD ,,KENPA YAAAA????

    ReplyDelete
  7. Plis kak sama pembahasannya🙏

    ReplyDelete
  8. Kak saya mau pembahasannya juga TKD dan TKA ips dalam bentuk pdf kak,tolong di bantu kak email saya miftahuljannahbj@gmail.com terimakasih kak

    ReplyDelete
  9. Kk saya mau pembahasan ny jga kk tolong dibantu kk email saya malachoiriyati09@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Kk saya juga mau dong pembahasan soalnya ke email saya malachoiriyati09@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Boleh kirim pembahasan umptkin tkd ips 2017 / 2018 kak? Ke email sya sitizulfa69@gmail.com

    ReplyDelete
  12. boleh dikirim pembahasdan umptkin soalnya ,, ke email sulelimabelas@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Kka bagi pembahasannya kirim email kka rafikahani20@gmail.com knp soal umptkin 2018 ipa ga bisa dibuka ya kka link nya?

    ReplyDelete
  14. saya mau pembahasannya ka untuk umptkin tkd ips 2017/2018
    bisa kirimkan ke email saya

    tiaraaudia1515@gmail.com

    terimakasih sebelumnya ka

    ReplyDelete
  15. Kak saya mau pembahasannya untuk umptkin ipa 2018 dan 2017
    Bisa kirim email saya devinoorrahmawati@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  16. Saaya mau pembahasannya kak,untuk umptkin tkd ips 2018
    Email saya. Bungadahlia23032002@gmail.com

    ReplyDelete
  17. Ka, saya mau soal dan pembahasan ipa 2017-2018 dan pembahasan tkd 2017-2018. Dikirim ke email saya diahputri73527768@gmail.com . Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Ka, saya mau soal dan pembahasan ipa 2017-2018 dan pembahasan tkd 2017-2018 ke email saya diahputri73527768@gmail.com .Terimakasih

    ReplyDelete
  19. Kak, saya juga mau kak please..
    Pembahasan yang TKD sama IPA..
    Tolong kirim dong ke ikhfannsr08@gmail.com yaa kak, pleasee.. i need it

    ReplyDelete
  20. Kak saya juga mau dong pembahasan nya TKD dan IPS
    shellakim1748@gmail.com
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  21. Kak minta pembahasannya dong
    Kirim ke oktacahya66@gmail.com
    Tolong bantuannya kaka makasih

    ReplyDelete
  22. Kak saya pengen pembahasan soal TKD dan IPS nya tolong kirim ke email syifaoktaviani2001@gmail.com terimakasih sebelumnya ka

    ReplyDelete
  23. Kak minta pembahasan soal TKD dan IPS kirim ke email syifaoktaviani2001@gmail.con

    ReplyDelete
  24. Kak minta pembahasan soal tkd dan ips ny ka kirim ke gmail saya ya ka ke rismaarisejati25@gmail.com makasih ka

    ReplyDelete
  25. Kak sya juga minta pembahasan soal TKD dan IPS nya kak kirim ke

    ReplyDelete
  26. Kak sya juga minta pembahasan soal TKD dan IPS nya kak kirim ke namakualvin2004@gmail.com

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum kk sy jugk mau minta soal tkd dn ips...tpi yg soal prediksiny untuk thun 2019 ad ngak??klau ad tolong kirimkn ke aziziahica@gmail.com

    ReplyDelete
  28. assalamualaikum kak
    saya mau pembahasan soal umptkin
    saya mohon kirim ke rezzasukma69@gmail.com

    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  29. barangkali ada yang tahun 2019 ya kak, tolong. tampilkan juga

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum kak.
    saya minta pembahasan dan kunci jawaban umptkin kak,mohon maaf kka
    dikirim ke saptadewa2000@gmail.com

    terimakasih kak

    ReplyDelete
  31. Kak minta dong pembahasannya kirim ke email haqqizn@gmail.com ya kak. Makasih

    ReplyDelete
  32. Kak,sya jga mau dong pembahasannya! Tolong kak.. kirim ke email puputpuput130992@gmail.com tolong yaa kak...

    ReplyDelete
  33. assalamualaikum
    maaf kak saya minta pembahasan umptkin
    untuk yg ips
    kirim ke Rezkybaharulinuha@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum
    Kak saya mau minta pembahasan umptkin untuk ipa dan ips tahun 2018 kak
    Kirim ke mfachrialzikri@gmail.com
    Makasih kak

    ReplyDelete
  35. Kak saya juga mau soal TKD sama IPS 2018 kirim ke email muhammadfarhan270701@gmail.com ya kk.mksh

    ReplyDelete
  36. Ka aku mau soal umptkin kirim ke email sitimuklisoh026@gmail.com

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum Kak,saya mau minta pembahasan umptkin tkd dan ips nga kak.. Emailnya nuraidha03.mna@gmail.com
    Terima kasihh kak

    ReplyDelete
  38. kak saya minta soal juga kak. maaf sebelumnya ini email saya sholehasiti37@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum Kak..
    Saya juga mau minta pembahasan umptkin yang TKD sama IPS semuanya kak.. Email saya nuraidha03.mna@gmail.com
    Terima kasiihhh

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikum kak, saya boleh minta pembahasan TKD dan IPS email saya anitasyasalsabila@gmail.com, terimakasih banyak

    ReplyDelete
  41. Assalamualaikum kak, Terima kasih sebelumnya sudah membagikan Soal2nya
    saya boleh minta pembahasan TKD dan IPS ke email saya ferrysyah.17@gmail.com
    terima kasih kak

    ReplyDelete
  42. Assalammualaikum kak terimah sebelumnya sudah membagikan soal2 nya
    Saya boleh minta pembahasan TKD dan IPS ke email saya indasetyawati2371@gmail.com
    Terimah kasih kak

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum kak...saya boleh mina soal dan pembahasannya yang ykd dan ips ke yusufsap075@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum ka saya boleh minta pembahasan soal umptkin IPA IPS sama keagamaan ini email saya ikmawati210900@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum kak, boleh ga saya minta pembahasan yang TKD 2018 dan ips ke kimeunran29@gmail.com please

    ReplyDelete
  46. Kak minta pembahasan soal umptkin TKD dan ips dalam bentuk pdf ke nurulhidayati4888@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum kak boleh ga minta pembahasan soal TKD dan ips ke nurulhidayati4888@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum kak, boleh saya minta pembahasan TKD 2017&2018,dan ips 2014-2018,ke ellyviaexo@gmail.com

    ReplyDelete
  49. Assalamualaikum kak. Minta tolong saya minta pembahasan TKD dan IPS kirim ke alamat email andinirmala33@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamu'alaikum. kak saya mau juga pembahasan utk tkd dan yang ipsnya utk semua paket soal. bagi temen2 yg sudah dikirim ,boleh kirim pembahasannya juga ke saya; salvinavina861@gmail.com Makasi :)

      Delete
  50. makasih kak udah ngeshare soal"nya, kalau boleh kirim pembahasannya ke emai paramithalbs11@gmail.com ya kak, makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum, Kak. Saya boleh minta soal" UMPTKIN tahun 2018 sama pembahasannya gak Kak? Kalau boleh, bisa di kirim lewat email saya : sulyaning2054@gmail.com . Terima kasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  52. Makasi kak udah berbagi, kak saya mau dong minta pembahasannya tkd soshum yg 2018 kirim ke email nadiyaarifatulh@gmail.com soalnya buat belajar ujian mandiri besok senin kak plis🙏

    ReplyDelete
  53. Assalamualaikum Kak. Saya boleh minta pembahasannya soal umptkin ips tahun 2014-2018 Sama tkd soshum 2016 - 2018 ga kak? Kalau boleh kirim ke email saya : sitisarahauliaakbar@gmail.com . Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum kak, saya boleh minta soal dan pembahasan tkd& umptkin ips tahun 2017-2019 kak, kakak bisa kirim ke email saja: nuraeniadn@gmail.com kalau bisa dalam bentuk pdf yah kak.
    Terimakasih sebelumnya kak🙏

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum kak, saya boleh minta soal dan pembahasan tkd& umptkin ips tahun 2017-2019 kak, kakak bisa kirim ke email saja: nuraeniadn@gmail.com kalau bisa dalam bentuk pdf yah kak.
    Terimakasih sebelumnya kak��

    ReplyDelete
  56. Pak, saya juga ingin pembahas soal TKD UM PTKIN 2071&2018 dan pembahasan soal IPA UM PTKIN 2015,2017,2018. Jika ada tolong kirim ke email : irasalsabila01@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  57. Assalamu'alaikum kak..
    kakk, saya boleh minta pembahasan soal TKA & TKD soshum UMPTKIN thn 2016- 2019?. Jika ada tolong kirim ke email: ziezahzii11@gmail.com. terimakasih kak:))

    ReplyDelete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts

AinaMulyana


































Free site counter


































Free site counter