Latihan Soal PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.
Berdasarkan ketentuan
tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian
Akhir Tahun) Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 atau Soal
Latihan PAT (UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 adalah Materi
atau Kompetensi dasar yang diajarkan pada semester genap. Adapun meteri Bahasa
Indonesia yang diajar di kelas 8 pada semester genap antara lain tentang Teks
eksplanasi, Teks Ulasan, Teks Persuasi, Drama,
Berikut
ini kumpulan contoh latihan Soal PAT
(UKK) BAHASA INDONESIA Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013
Berilah
tanda silang (X) pada lembar jawaban A, B, C, D yang dianggap benar.
1. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks
eksplanasi ialah ….
a. Pengenalan
fenomena
b.
Rangkaian peristiwa
c. Ulasan
d.
Pernyataan umum
Jawaban
D
2. Jika Teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan
bagaimana, maka uraiannya akan bersifat …..
a.
kausalitas
b.
kronologis
c.
umum
d.
khusus
Jawaban
B
3. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi adalah …
a.
Pengenalan fenomena
b.
Rangkaian peristiwa
c.
Ulasan
d.
simpulan
Jawaban
D
4.
Teks eksplanasi bertujuan …
a.
menyatakan hasil laporan observasi
b.
menyajikan hiburan
c.
menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya
d.
menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal
Jawaban
C
Perhatikan teks berikut untuk soal nomor
5 – 6!
Belakangan
ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Sepanjang
sejarah umat manusia, gempa selalu saja menimbulkan kerugian baik materil
ataupun korban jiwa. Tidak berlebihan rasanya jika dikatakan bahwa fenomena
gempa bumi adalah peristiwa yang berdampak secara langsung kepada makhluk hidup
tak terkecuali manusia. Hal tersebut menjadikan gempa bumi sebagai salah satu
bencana alam yang ditakuti oleh setiap orang.
5. Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks
tersebut adalah bagian dari …
a.
Kronologis (urutan peristiwa)
b.
Sebab atau akibat
c.
Pengenalan fenomena
d.
Asal-asul peristiwa
Jawaban
C (bahasan tentang teks eksplanasi)
6. Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang
menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …
a.
belakangan ini
b.
menjadikan
c. tidak
berlebihan
d.
berdampak
Jawaban
A
7.
Perhatikan kutipan teks berikut ini
Semua
produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organisme
autotrof. Sebagai produsen, tumbuhan hijau menghasilkan makanan melalui proses
fotosintesis. Makanan dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri maupun makhluk
hidup lainnya. Dengan demikian, produsen merupakan sumber energi utama bagi
organisme lain, yaitu konsumen.
Penggambaran
rangkaian kejadian dalam kutipan teks di atas disusun dengan pola
a. kronologis
b. kausalitas
c.
umum
d.
khusus
Jawaban
B.
8.
Perhatikan kutipan teks berikut ini
Otak
anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali [...] banyak [...] orang dewasa.
Radiasi ponsel memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan terutama anak-anak,
[...] temuan penelitian tersebut belum final. Ada baiknya [...] kita menjauhkan
ponsel dari anak-anak sejak dini.
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a.
Sama, dengan, untuk, kalau
b.
Lebih, daripada, bagi, jika
c.
Sama, dengan, kepada, apabila
d.
Lebih, daripada, meskipun, jika
Jawaban:
D (bahasan tentang konjungsi)
9.
Cermati kutipan berikut!
Beberapa
kawasan di Kalimantan Tengah masih tertutup kabut asap, [...] Pemerintah sudah
menurunkan hujan buatan untuk mengurangi ketebalan kabut. Kabut asap yang
terjadi di Kalimantan Tengah dan menutupi beberapa negara tetangga menunjukkan
[...] sistem pembakaran untuk pembukaan lahan baru masih buruk [...] tidak
segera diantisipasi, dampak kabut asap akan semakin meluas.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
a.
biarpun, untuk, kalau
b.
walaupun, bagi, bilamana
c.
meskipun, bahwa, jika
d.
walaupun, karena, seandainya
Jawaban:
C (bahasan tentang konjungsi)
10. Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam isi dari
sebuah teks eksplanasi adalah …
a.
simpulan / intisari dari gagasan yang dibahas
b.
konflik pada tokoh-tokoh dalam novel
c.
peryataan tantang topik yang sedang dibahas
d.
informasi yang didasarkan pada fakta berkaitan dengan topic
Jawaban
B
11. Urutan
struktur teks ulasan yang benar adalah …
a.
Orientasi - Identitas karya - Sinopsis -
Analisis - Evaluasi
b.
Identitas karya - Orientasi - Sinopsis -
Analisis - Evaluasi
c.
Identitas karya - Orientasi - Sinopsis -
Evaluasi - Analisis
d.
Orientasi - Identitas karya - Sinopsis -
Evaluasi - Analisis
Jawaban
B
12. Berikut
unsur identitas/data buku,kecuali...
a. judul
buku
b. penulis
buku
c. sinopsis
d. tebal
halaman buku
Jawaban
C
13.
Cermati kutipan berikut!
Sejak
awal sudah muncul tebakan seputar ke mana alur cerita akan berjalan, mungkin
karena formula yg digunakan terasa begitu akrab bagi penonton film Indonesia.
Tentunya formula mujarab ini tidak berhenti sampai sini. Konon sederet film –
film adaptasi berpola sama diluncurkan tahun 2012 ini. Setidaknya keakraban 6
sekawan “Negeri 5 Menara ” masih sangat nikmat untuk diikuti meski formula
filmnya sendiri sudah terlalu familiar.
Struktur
teks di atas bagian dari …
a.
Orientasi
b.
Identitas karya
c.
Evaluasi
d.
Analisis
Jawaban
C
14. Perhatikan
kutipan teks ulasan berikut!
Aspek
menarik patut dicatat adalah kesadaran Raditya Dika terhadap plot film sebagai
entitas berbeda dan merdeka dari jajahan sumber adaptasinya. [.....] Bahkan,
demi menjaga keutuhan plot, Dika mempreteli cerita sampai tataran
karakterisasinya. Grup detektif Tiga Sekawan yang dibentuk Dika memiliki
anggota berbeda antara di buku dan di film. Gimmick yang dipakai pun
berbeda. Ada kreativitas yang menekankan bahwa humor sebaiknya
sambung-sinambung menjadi satu dan karakterisasi sangat penting dalam
mewujudkan misi itu.
Kalimat
tepat untuk melengkapi ulasan/resensi rumpang tersebut adalah....
A.
Dika ingin semua bagian dalam buku dimasukkan ke dalam film agar keutuhan plot
cerita tiga babak utuh.
B.
Dika memisahkan beberapa bagian dalam buku yang kurang menarik agar tidak
dimasukkan dalam pembuatan film.
C.
Semua unsur canda dalam buku karya Dika tetap dimasukkan dalam film agar
keutuhan plot cerita tiga babak utuh.
D.
Dika merelakan beberapa bagian dalam buku tidak dimasukkan ke dalam film agar
keutuhan plot cerita terjaga.
E.
Semua komedian, termasuk Dika, menyadari bahwa mengulang-ulang guyonan tidak
akan membuatnya bertambah lucu.
Jawaban:
D
15. Perhatikan
kutipan teks ulasan berikut!
Buku Remaja
Membangun Kepribadian menarik untuk dibaca semua
kalangan. Buku Remaja Membangun Kepribadian memiliki ciri khas
dibandingkan buku lain psikologi remaja. Gaya bahasa penulis mudah dipahami oleh
pembaca. [....] Sebagian besar buku psikologi remaja menyampaikan gagasan
secara berbelit-belit.
Kalimat
tepat untuk melengkapi resensi rumpang di atas adalah....
a.
Berbagai jenis kecerdasan dan kemampuan dalam diri manusia dapat digunakan
untuk mengembangkan diri.
b.
Tidak hanya itu, pembahasan dalam Buku Remaja Membangun
Kepribadian singkat sehingga pembaca mudah memahami maksudnya.
c.
Dalam buku ini dibahas visi dan misi yang harus ada dalam setiap diri manusia
agar dapat mengembangkan potensinya.
d.
Gambar ilustrasi yang digunakan masih kurang sehingga memungkinkan terjadinya
kepenatan pembaca.
Jawaban:
B
16.
Teks yang tidak termasuk dalam kategori ulasan adalah ....
a.
Editorial
b.
Analisis
c.
Propaganda
d.
Resensi
Jawaban
C
17.
Bagian terakhir dalam menyusun teks ulasan adalah …………
a. Mencatat hal-hal menarik/penting dari isi
buku.
b. Menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
c. Merumuskan kesimpulan tentang isi dan
kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
d. Membuat saran-saran untuk pembaca
Jawaban
D
18. Perhatikan
kutipan kalimat berikut!
Hasan merasa bahwa
semua itu terjadi karena perbuatan Anwar. Ia menaruh dendam kepada Anwar
dan berniat membunuhnya.
Kata
bahwa dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang
b. temporal
c.
penyebab
d.
Konsesif
Jawaban
A
19.
Perhatikan kutipan kalimat berikut!
Lama-kelamaan
Hasan cemburu karena hubungan Kartini dengan Anwar semakin dekat.
Kata
karena dalam kutipan di atas konjungsi ….
a. penerang
b. temporal
c.
penyebab
d.
Konsesif
Jawaban
C
20 .
(1) Suatu hari di sekolah diadakan diskusi bertema "Pengaruh rokok
terhadap kesehatan". (2) Moderator mempersilakan pemrasaran, pemrasaran
berpendapat bahwa rokokmerupakan teman akrab yang merugikan bagi pengisap atau
pencandu. (3) Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan
sehingga nantinya dapat mengurangi usia kita. (4) Di samping itu, menambah
pengeluaran yang seharusnya ditabung untuk hari esok. (5) Oleh karena itu
kurangi atau berhentilah merokok! 5)
Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
Kalimat persuasif dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a.
(2)
b.
(3)
c.
(4)
d.
(5)
Jawaban
D
21. Bacalah paragraf berikut ini !
Kebersihan
sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta
kesehatan. Sebaliknya, jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan
mengintai kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara
membersihkan lingkungan sekitar kita.
Paragraf
di atas termasuk ke dalam jenis paragraf ?
a. Eksposisi
b. Argumentasi
c. Persuasi
d. Narasi
Jawaban C
22. Urutan
struktur teks persuasif yang tepat adalah …
a.
Pengenalan isu - Ajakan-ajakan - Rangkaian argument - Penegasan kembali
b.
Pengenalan isu - Rangkaian argument - Ajakan-ajakan - Penegasan kembali
c.
Pengenalan isu - Rangkaian argument - Penegasan kembali -Ajakan-ajakan
d.
Rangkaian argument - Pengenalan isu - Ajakan-ajakan - Penegasan kembali
Jawaban
B
Perhatikan
teks berikut untuk menjawab soal no 22 – 23 :
(1) Sebagai seorang sastrawan, pekerjaan Djenar
Mahesa Ayu menulis novel atau cerita pendek. (2) Dari karya tersebut tentu
pembaca memproleh berbagai manfaat. (3). Penyajian pesan penulis sastra halus
dan sopan. (4) Hasil penulisannya jarang menimbulkan hal-hal yang berbau SARA
(5) Oleh karena itu, novel Djenar Mahesa Ayu diajurkan untuk dibaca.
22. Kalimat persuasive dalam kutipan di atas di tandai
dengan nomor ..
a.
(1) c. (4)
b.
(2) d. (5)
Jawaban
: D
23. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut di tandai
dengan nomor…..
a.
(1) c. (4)
b.
(2) d. (5)
Jawaban
: A
24. Rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan
jalan cerita disebut….
a.
Tema
b.
Amanat
c. Alur
d.
Penokohan
Jawaban
C
25. Tokoh yang tidak mengalami perubahan
karakter dari awal hingga akhir dalam dalam suatu drama dinamakan …
a. tokoh
berkembang
b.
tokoh pembantu
c.
tokoh serba bisa
d.
tokoh statis
26. Yoga: kamu sudah
degar berita tentang Rury?
Pohan: belum,
memang ada apa dengan Rury?
Yoga : Kemaren
ia jatuh dari pohon mangga
Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit.
Kakinya patah dan sekarang dirawat di rumah sakit.
Danu : ah,
biarkan saja biar dia tahu rasa kerena mengambil mangga orang
Watak
tokoh Yoga pada kutipan drama tersebut adalah…..
a. tidak peduli.
a. tidak peduli.
b.
Masa bodoh
c.
Pencuriga
d.
Perhatian
Jawaban
: D
27. Munawardi
: Toloong ada yang mau jahat kepada saya
Orang-orang: Mana…..mana
orangnya ?
Dudi : Ayo kita haajar biar kapok !
Kurdi: Jangan…..jangan !
Kita tak boleh main hakim sendiri.
Bukti
watak Kurdi dalam kutipan drama tersebut bijaksana adalah…..
a.
Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b.
Dia membertahukan orang yang berbuat jahat
c.
Dia mengajak orang orang untuk menghajas perampok
d.
Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri.
Jawaban
: D
28. Tokoh penentang disebut juga….
a.protagonis
b.
antagonis
c.tritagonis
d.pembantu
Jawaban B
30. Berikut yang bukan unsur intrinsik
drama adalah….
a. alur
b.
tokoh
c. latar
d.analitik
Jawaban D
31.
Bagian pertama yang dicantumkan pada format ringkasan isi buku nonfiksi
adalah....
a. jumlah bab
b. ringkasan isi
d. identitas buku
d. judul buku
Jawaban: C
32.
Perhatikan data daftar pustaka berikut!
1) judul buku
2) penerbit
3) pengarang
4) kota terbit
5) tahun terbit
Penulisan daftar pustaka
yang tepat yaitu denga urutan nomor....
a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 1, 3, 4, 2, 5
c. 3, 1, 2, 4, 5
d. 3, 5, 1, 4, 2
Jawaban: D
32.
Perhatikan wacana berikut ini!
Buku
ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA kelas XII
program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan dan
siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini
ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa
dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.
Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik.Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa.Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang ...
a. Identitas buku
dan Ikhtisar isi buku
b. Ikhtisar isi buku
dan kekurangan buku
c. Identitas buku dan
kelebihan buku
d. Ikhtisar isi buku
dan kelebihan buku
Jawaban : C
33. Perhatikan
wacana berikut ini!
Buku
bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab
pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan
pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat
pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halaman 47, Bab IV
berisi “Melejitkan Potensi Diri” tertulis pada halaman 73. Pada pembahasan yang
kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kretivitas, Bab VI
membahas tentang “Budaya Daerah”. Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII
membahas tentang “Menguasai Ilmu Pengetahuan”, Bab VIII membahas tentang
“Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul
belakang.
Kutipan
resensi di atas memaparkan tentang ...
A. Identitas
buku
B. Ikhtisar
isi buku
C. Kelebihan
dan kekurangan buku
D. Kesimpulan
Jawaban :B
34. Perhatikan
wacana berikut ini!
Selain
itu, semua tulisan yang terdapat dalam buku ini mempunyai banyak manfaat yang
akan kita peroleh jika kita membacanya. Akan terlihat buku ini sangat kaya
cakupannya. Bahasanya mudah dimengerti dan mudah untuk dipahami. Dalam buku ini
banyak manfaat yang akan kita peroleh, seperti kompos yang bermanfaat bagi
penyuburan tanah, penggemburan tanah, pengisian pot tanaman, mengurangi
pencemaran lingkungan dan menambah pendapatan.
Buku di atas membahas bidang
...
a. Teknik pertanian
b. Teknik
bercocok tanam
c. Wirausaha di
bidang tanaman dalam pot
d. Teknik
melestarikan lingkungan
Jawaban :C
35. Perhatikan
wacana berikut ini!
Di
dalam buku ini terdapat berbagai keterampilan dasar dalam bercocok tanam.
Seharusnya anak – anak itu sendiri harus dibekali keterampilan yang akan bermanfaaat
jika anak itu sendiri sering membaca buku ini dan berbagai buku pengetahuan
lainnya. Mereka akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan yang
akan membekali mereka kelak nanti. Mereka juga dapat memanfaatkan buku ini
sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan kelak di kemudian hari.
Paragraf
di atas memaparkan tentang ...
a. Kekurangan isi
buku
b. Kegunaan buku
c. Kesesuaian
kelompok umur pembaca
d. Nilai komersial
buku
Jawaban : B
36. Perhatikan
kutipan teks berikut ini!
Dinas
Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Pemkab Temanggung memprediksi lahan tanaman
tembakau di wilayah itu pada masa tanam 2018 akan mencapai 13.000 hektar, yang
tersebar di 14 kecamatan.
Kalimat di atas mengandung
unsur-unsur fakta ...
A. tokoh, tempat, waktu,
kejadian
B. waktu,
kejadian, alasan, tempat
C. peristiwa,
waktu, alasan, tempat
D. alasan,
waktu, kejadian, tempat
Jawaban :A
37. Perhatikan
kutipan cerpenberikut ini!
(1) Ketika itu pula ibu menceritakan bahwa
kakanya Narothama lulus sebagai letnan muda dan dua minggu lagi akan diwisuda.
(2). Suasana keluarga menjadi ceria mendengar kabar itu. Sambil bekerja tak
henti-hentinya mereka memebicarakan Narothama. (3). Santi mewaili keluargana
untuk menghadiri wisuda. (4). Malam keberangkatan santi tidak dapat tidur
nyenak, banyak yang direncanakan dan yang diharapkannya.
Bukti
suasana yang harap-harap cemas dan gelisah pada kutiban cerpen tersebut adalah
pada kalimat nomor ……..
a.
(4) c. (2)
b.
(3) d. (1)
Jawaban
: A
38.
Perhatikan kutipan cerpenberikut ini!
Dua
minggu setelah telegram dari Imam datang pula wesel dan surat dari santo, ibu
sangat bangga sampai meneneskan air mata bahagia ibu menyatakan pada anak-anak
nya agar tetap hidup seperti apa yang dilakukan selama ini. Jangan
congkaka karena kakak mereka banyak membantu.
Pesan
atau amanat yang terkandung dalam cuplikan cerpen tersebut adalah…..
a.
Hidup ini hendaknya penuh prihatin dan dijalani apa adanya.
b.
Dalam hidup ini harus menunjukan kemampuan pada oranag lai .
c.
Dalam memberikan bantuan harus iklas
d.
Hendaknya tetap hidup dalam kesederhanaan.
Jawaban
: D
39. Perhatikan
kutipan cerpen berikut ini!
(1) Wulan
heran, mengapa lelaki itu begitu baik mau membayarkan ongkos busnya. Padahal
wualn tidak kenal sama sekali. (2). “Astaga , jangan-jangan……” melintas pikiran
buruk dibenaknya, (3) jangan-jangan leleki itu amau menculiknya, dia
membayariku supaya dia tidak curiga kepadanya.” (4). Jantung wulan kembali
berdegup kencang. (5). Baru kemarin , ia membaca tentang penculikkan
anak-anak .(6). Seingat wulan lelaki itu juga dari sekolahnya.
Pesan
tersirat dari kutiban cerpen tersebut adalah….
a.
kita harus mencurigai seseorang yang belum kita kenal
b.
kita harus waspada di setiap kesempatan.
c.
Kita tidak bisa membedakan orang baik dan orang jahat.
d.
Kita harus berbuat kepada siapa saja
Jawaban
: A
40. Perhatikan
kutipan cerpen berikut ini!
Bacalah
penggalan cerpen berikut dengan saksama!
…….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)
…….Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu kukemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian tua milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, disamping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
(Malam Takbir, Hamsat Rangkuti)
Sudut
pandang pengarang dalam penggalan cerpen diatas adalah…
a.
Orang pertama sebagai pelaku utama
b.
Orang pertama sebagai pelaku sampingan
c.
Orang kedua
d.
Orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban
: A
41. Perhatikan
kutipan teks berikut ini!
Monpera
atau monumen perjuangan rakyat merupakan salah satu bangunan ke banggaan warga
palembang betapa tidak monumen yang memanjang patung bururng garuda di dinding
depanya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat sumantara selatan
melawan penjajah pada masa fisikyang dikeel dalam Pertempuran Lima Malam, di
sinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran. Melawan
penjajah belanda.
Gagasan
pokok paragraf tersebut adalah…..
a.
pemanjang patung garuda pada Monpera
b.
bangunan kebanggaan warga Palembang
c.
perjuangan rakyat sumanterselatan dalam monpera
d.
penaggalangan rakyat palembang dalam monpera
Jawaban
: B
42.
Perhatikan kutipan teks berikut ini!
Pasar
jamu dan obat tradisional di sejumlah Negara ASEAN masih sangat terbuka lebar.
Termasuk di antaranya negara Malaysia dan Singapura yang masyarakatnya
tergolong gemar mengonsumsi jamu dan obat tradisional. Produsen jamu asal
Indonesia dengan dukungan tanaman obat melimpah, sangat berpotensi
mengembangkan sayap ke berbagai negara dunia, termasuk kawasan ASEAN.
Gagasan
pokok paragraf tersebut adalah……..
a.
Negara Malaysia dan Singapura gemar mengonsumsi jamu.
b.
Pasar jamu dan obat tradisional masih sangat terbuka lebar.
c.
Indonesia sebagai produsen jamu.
d.
Indonesia terdapat banyak tanaman obat.
Jawaban
: B
43. Mereka
melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian
kalimat yang menyebabkan ketidak efektifan kalimat tersebut adalah….
a.
mereka, daripada
b.
kegiatan. Selalu
c.
daripada, sering
d.
daripada, yang
Jawaban
: C
44.
(1). Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam laut yag dapat memancing
keindahan wisatawan yang mendambakan suasana nyaman tenang dari hiruk
pikuk kota. (2). Khusus bagi mereka yang hobi menyelam . Pantai Nusa Penida merupakan
aqurium alam seukuran raksasa. (3). Pantai penida, tempat yang cocok untuk
berternak penyu.
Agar
menjadi paragraf yang padu, kalimat perbaikan terhadap nomer 3 adalah….
a.
Pantai Nusa Penida tidak jauh dari kota
b.
Pantai Nusa Penida tempat meneliti tempat luas.
c.
Pantai Nusa Penida segera dibangun sebagai tempat riset.
d.
Pantai Nusa Penida tempat yang tepat bagi yang menyukai wisata
JAWABAN
: D
45.
Peristiwa berebut air bersih sering terjadi pada saat musim kemarau, …. hal ini
terjadi semakin minimnya jumlah air bersih yang ada disumur-sumur.
Isilah
bagian yang rumpang itu dengan memberikan konjungsi….
A.
Sebab
B.
Tetapi
C.
Mengakibatkan
D.
Karena
Jawaban
D
46.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah…
a. Indonesia
terus bekerja keras untuk memajukan teknologinya.
b. Penulis
sudah pernah mengkaji hasil penelitiannya dengan seksama.
c. Indonesia
belum juga menemukan langkah konkret untuk mengatasi masalah pengangguran.
d. Untuk
menjaga kedaulatannya, Indonesia menambah kuantitas Armada di Kawasan Ambalat.
Jawaban
: B
47.
Pada era global, sumber daya manusia (SDM) andai merupakan
kebutuham yang mendasar. Usaha untuk mendapatkan (SDM) andal dapat dilakukan
melalui berbagai cara misalnya melalui penataran, pelatihan, kursus, lokakarya,
seminar atau kegiatan sejenis, cara yang efektif untuk menghasilkan SDM andal
yaitu melalui jalur pendidikan dengan mengikuti pendidikan tertentu. Seseorang
dapat belajar berdasarkan kurikulum yang terprogaram dan hari efektif yang
pasti.
Simpulan
tersirat dari paragraf tersebut adalah…..
a. Pada era global, sumber daya manusia
(SDM) andai merupakan kebutuham yang mendasar.
b. Jalur pendidikan dianggap lebih
efectif untuk menghasilkan SDM andal.
c. SDM andal dapat dilakukan melalui
berbagai cara antara cara pendidikan dan pelatihan.
d. SDM yang andal menjadi kebutuhan mendasar bagi
setipa negara baik negara maju dan berkembang.
Jawaban
: B
48.
Musik berirama dangdut banyak penggemarnya dewasa ini. Jenis
musik tersebut tidak hanya di senangi oleh masyaraakat pedesaaan tatapi juga
masyarakat perkotaan. Oleh sebab itu tidaklah berlebihan jiak semua stasiun TV
yang ada di negeri ini memprogramkan paket khusus penayangan musik berirama
dangdut meskipun dengan jam tayang yang berbeda-beda. Banyak pengusaha rekaman
memanfaatkannya.
Rangkuman
yang tepat untuk paragraf tersebut adalah…..
a.
Musik dangdut digemari berbagai kalangan sehingga di programkan oleh stasion
televisi.
b.
Musik dangdut berkembang pesat berkat pengusaha rekaman serta stasion televise
c.
Kini penggemar musik dangdut masyarakat pedesaan, tetapi juga masyrakat
perkotaan.
d.
Masyarakat pada umumnya senang tayangan musik dandut karena mudah dinikmati.
JAWABAN
: A
49. Bagian
akhir cerita yang menggambarkan penyelesaian atas konflik-konflik yang dialami
para tokohnya disebut …
a.
Resolusi
b.
Komplikasi
c.
Orientasi
d.
Anti Klimak
JAWABAN
: A
50.
Perhatikan pernyataan berikut
(1)
Berupa cerita.
(2)
Menarik untuk ditonton
(3)
Berbentuk dialog.
(4)
Bertujuan untuk dipentaskan.
(5) Ditayangkan
melalui TV
Ciri
utama drama ditunjukkan nomor …
a. 1,2
dan 3
b. 1,3
dan 4
c. 2,
3 dan 4
d.
3, 4 dan 5
Jawaban
: B
Baca Juga .
Latihan Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) PPKn (PKn) Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Penjasorkes Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Latihan Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----
Demikian info tentang Soal Latihan PAT / UKK Bahasda Indonesia Kelas VIII (8) SMP/ MTS Kurikulum 2013, semoga bermanfaat.
Tags:
PATSMP