LATIHAN SOAL PAT (UKK) PPKn - PKn KELAS 8 SMP - MTS KURIKULUM 2013

Soal PAT (UKK) PKN / PPKN Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013 Tahun 2018 - 2019


Contoh Latihan Soal PAT (UKK) PKN / PPKN Kelas 8 SMP/MTS kurikulum 2013. Sebagaimana di ketahui istilah Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) sekarang sudah diganti dengan PAT atau Penilaian Akhir Tahun. Menurut Buku Pedoman atau Panduan Penilaian SMP, Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan materi semua KD pada semester genap. Jadi silahkan konfirmasikan kepada guru kamu apabila ada soal PAT yang di luar ketentuan tersebut.

Berdasarkan ketentuan tersebut maka materi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau PAT (Penilaian Akhir Tahun) PKN / PPKN SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 atau Soal Latihan PAT (UKK) PKN / PPKN Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 adalah Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908, Semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan Komitmen Kebangsaan.



Berikut ini contoh soal dan Jawaban latihan PAT (UKK) PKn PPKn SMP/MTS Kurikulum 2013

1.        Budi Utomo merupakan organisasi pertama di indonesia yang perjuangan lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi-organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan ......
a. 2 Mei 1908
b. 20 Mei 1928
c. 20 Mei 1908
d. 2 Mei 1928
Jawaban C

2.        Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal
a. 2 Mei 1908
b. 20 Mei 1908
c. 5 Oktober 1908
d. 28 Oktober 1908
Jawaban C

3.        Yang bukan merupakan isi Sumpah Pemuda adalah ...
a. Satu tanah air, tanah air Indonesia
b. Satu bendera, bendera merah putih
c. Satu bangsa, bangsa Indonesia
d. Menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia
Jawaban B

4.        Makna Sumpah Pemuda adalah….
a. Memperkukuh persatuan dan kesatuan
b. terusirnya penjajah dari bumi Indonesia
c. Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lain
d. hapusnya kebodohan dan kemiskinan bangsa
Jawaban: A

5.        Salah satu contoh pengamalan Pancasila sila ke tiga yang paling tepat adalah ...
a. Selalu bekerja keras dan pantang menyerah
b. Berpartisipasi aktip dalam pemilihan umum
c. Menggunakan produksi dalam negeri
d. Membantu korban bencana alam
Jawaban C

6.        Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah....
a. bangsa Indonesia kekurangan senjata
b. kuranganya persatuan dan kesatuan
c. penjajah terlalu banyak jumlahnya
d. banyak orang Indonesia yang ikut penjajah
Jawban B

7.        “Pro Patria” dan “Primus Patrialis” mengandung arti ....
a. selalu berjiwa untuk tanah air dan mendahulukan kepentingan tanah air.
b. Selalu mementingakan dirinya sendiri dan golongannya
c. Tenggang rasa terhadap sesama pemeluk agama yang berbeda-beda
d. Memiliki semangat menentang segala bentuk penjajahan
Jawaban A

8.        Penjajahan Belanda di Indonesia dimulai sejak didirikannya Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) pada tahun …
a. 1599
b. 1600
c. 1601
d. 1602
Jawaban D

9.        Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ....
a. W.R. Soepratman
b. C. Simanjuntak
c. Muhammad Tabrani
d. M.H. Thamrin
Jawaban A

10.    Salah satu pendiri Budi Utomo adalah ....
a. Ahmad Dahlan
b. Danudirja Setiabudi
c. Dr. Sutomo
d. Wahid Hasyim
Jawaban C

11.    Tujuan dari organisasi Budi Utomo adalah....
a. mempersatukan bangsawan Jawa

b. mempertinggi derajat bangsa Indonesia

c. membebaskan Indonesia dari kemiskinan

d. persamaan hak warganegara

Jawaban B

12.    Kongres Pemuda I diadakan pada tanggal ... .
a. 2 Mei 1926
b. 1 Mei 1926
c. 28 Oktober 1926
d. 28 Oktober 1928
Jawaban A

13.    Contoh perilaku di kalangan pelajar yang diakibatkan oleh rendahnya semangat kebangsaan adalah ….
a.   Tawuran antar sekolah
b.   Bentrokan antar suku, agama, dan ras
c.   Tumbuh suburnya benih-benih primordialisme
d.    Suatu golongan menghujat golongan lain
Jawaban A


14.    Salah satu contoh sikap seorang pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah ..
a. bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang optimal
b. belajar dengan sebaik-baiknya
c. selalu rajin menolong sesama teman yang membutuhkan
d. berdo’a terus menerus sampai suskses dapat diraih
Jawaban B


15.    Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara ....
a. diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan negara
b. dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah
c. dijadikan nama tempat yang bersejarah
d. diperingati setiap tahun secara meriah.
Jawaban A

16.    Separtisme merupakan salah satu sikap yang perlu dihindari dalam mengamalkan nilai-nilai proklamasi. Yang dimaksud  separatisme adalah ...
a. kerjasama dengan pihak penentang kemerdekaan;
b. Persaingan tidak sehat antar golongan
c. pemisahan dari negara kesatuan
d. paham yang ingin menguntungkan diri sendiri dipihak manapun ia berdiri
Jawaban C

17.    Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah
a. Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk
b. Semangat tahan derita dan tahan uji
c. Semangat persatuan dan kesatuan
d. Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri.
Jawaban C

18.    Bendera, bahasa dan lambang Negara, serta lagu kebangsaan diatur dalam UUD 1945 pada :
a.Bab XIV
b.Bab XV
c.Bab XVI
d.Bab XVII
Jawaban B

19.    Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari ....
a.       Sumpah pemuda
b.      Kebangkitan nasional
c.       Kesaktian Pancasila
d.      Keluarga Berencana
Jawbaan B

20.    Sumpah pemuda diikrarkan pada tanggal ....
a.       20 - 05 - 1908                    c. 25 - 12 - 1912
b.      20 - 01 - 1913                     d. 28 - 10 – 1928
Jawbaan D

21.    Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah….
a. bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik
b. selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa
c. menyumbangkan harta benda untuk pembangunan
d. membela kebenaran sesuai dengan tugas dan kewajiban
Jawaban: A

22.    Pada tanggal 28 oktober 1928 bahasa indonesia diikrarkan sebagai ....
a.  Bahasa nasional
b.  Bahasa negara
c.  Bahasa persatuan
d.  Bahasa daerah
Jawaban C

23.    Contoh peran pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan adalah ....
a.  Ikut serta dalam berbagai kegiatan melalui organisasi pemuda
b.  Mengikuti perkembangan kepemudaan di dunia
c.  Pemuda selalu sadar akan peran dan jati dirinya
d.  Dicetuskannya ikrar sumpah pemuda tahun 1928
Jawaban D

24.    Dalam sejarah perjuangan bangsa indonesia, angkatan 1928 sering disebut sebagai ....
a.  Angkatan perintis
b.  Angkatan penegas
c.  Angkatan pencoba
d.  Angkatan penerus
Jawaban B

25.    Contoh perbuatan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan, yaitu ....
a.  Mobilisasi umum bila negara dalam bahaya
b.  Ikut bekerja bakti di sekolah
c.  Bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak
d.  Membantu korban bencana alam
Jawaban A

26.    Burung Garuda merupakan lambang negara Republik Indonesia. Di dalam perisainya terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila Pancasila. Simbol rantai pada lambang Garuda Pancasila melambangkan sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Persatuan Indonesia
d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Jawaban B

27.       Terjadinya musibah bencana alam di beberapa daerah beberapa waktu lalu telah membuka mata kita betapa penting uluran tangan kita bagi para korban. Arti penting munculnya sikap untuk berbagi dalam peristiwa tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
a. menguji rasa kesetiakawanan sosial yang dimiliki seseorang
b. membiasakan diri dengan kesulitan yang dimiliki orang lain
c. menciptakan optimisme hidup setelah mengalami bencana alam
d. melatih rasa simpati dan empati atas penderitaan orang lain 
Jawaban D
28.    Lambang Negara Indonesia berbentuk burung garuda yang kepalanya menoleh ke sebelah kanan (dari sudut pandang garuda). Lambang tersebut dirancang oleh
a. Soekarno
b. Muhammad Yamin
c. Sultan Hamid II
d. RM Ng Poerbatjaraka
Jawaban C

29.    Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena....
a. Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika
b. Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun.
c. Dengan persatuan dan kesatuan,  bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman
d. Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat
Jawaban D

30.    Berdasarkan ketentuan, Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar
a. 1/3 (satu-pertiga) dari panjang
b. 2/3 (dua-pertiga) dari panjang
c. 3/3 (tiga-pertiga) dari panjang
d. 4/3 (empat-pertiga) dari panjang
Jawaban B

31.    Perhatikan Pernyataan Berikut ini
(1) bahasa resmi kenegaraan,
(2) pengantar pendidikan,  
(3) komunikasi internasional,
(4) pengembangan kebudayaan nasional,
(5) transaksi dan dokumentasi niaga,
(6) sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
(7) bahasa media massa

Bahasa Indonesia berfungsi sebagai …..
a. 1, 2, 4, 5, 6 dan 7
b. 1, 2, 3 4, 5 dan 6
c. 1, 2, 3, 4, 6 dan 7
d. 2, 3, 4, 5, 6 dan 7
Jawaban A

32.    Bagi seorang pelajar sikap cinta tanah air dapat diwujudkan dengan cara antara lain ....
a. bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang berkecukupan
b. giat belajar demi kepentingan keluarga, bangsa, dan negara
c. menghafalkan sejarah perjuangan para pahlawan masa lalu
d. mendalami berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi

33.    Manakah di bawah ini yang merupakan sikap menjunjung tinggi nilai ketuhanan (religious)
a.  Memaksakan agama atau kepercayaan kepada orang lain
b.  Tidak ada toleransi kepada penganut agama lain
c.   Menghalang-halangi orang lain untuk melaksanakan kewajibanya
d.   Membina kerukunan antar umat beragama dan mengembangkan sikap toleransi
Jawaban D


34.    Equality before the law mengandung makna
a. hukum yang lebih rendah harus mengacu pada hokum yang lebih tinggi
b. hukum menjungjung tinggi adanya perbedaan pendapat
c. setiap warga Negara memiliki persamaan kedudukan di depan hukum
d. setiap warga Negara harus tunduk dan taat pada hukum yang berlaku

35.    Perhatikan Pernyataan Berikut ini
1) Mempererat tali persaudaraan antar siswa-siswi Bumi Putra pada sekolah menengah dan kejuruan.
2) Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya.
3) Mendirikan sekolah umum
4. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya.

Tiga tujuan Trikoro Dharmo ditunjukkan dengan nomor
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 4
Jawaban B

36.    Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain merupakan nila-nilai pendidikan karakter...
a. Religius
b. Jujur
c. Toleransi
d. Disiplin
Jawaban A


37.    Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya merupakan nilai-nilai pendidikan karakter...
a. Religius
b. Jujur
c. Toleransi
d. Disiplin
Jawaban C

38.    Salah satu contoh semangat dan komitmen kebangsaan kita adalah...
A. terus berjuang dan pantang menyerah untuk membela tanah air
B. membiarkan para petinggi negara untuk berjuang sendiri
c. melakukan demonstrasi untuk petinggi agar memperjuangan
d. menyerahkan segala urusan bangsa pada polri
Jawaban A


39.    Semangat Sumpah Pemuda harus membara dalam perjuangan bangsa karena ….
a. Sumpah Pemuda merupakan sejarah bangsa Indonesia
b. Pelaksanaan pembangunan nasional digiatkan
c. Merupakan bagian dari pengamalan terhadap Pancasila
d. Pembangunan nasional membutuhkan semangat persatuan
Jawaban D


40.    Salah satu nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda, kecuali…
a. Cinta Bangsa dan Tanah Air
b. Sikap Rela Berkorban
c. Mengutamakan Persatuan
d. Menolak adanya perbedaan


41.    Yang memelopori BU mulai terjun kedalam bidang politik pada PD l, adalah....
a. Dr Wahidin Sudirohusada
b. Sutomo
c. HOS Cokroaminoto
d. Dr. Cipto Mangunkusumma
Jawaban A


42.    Berikut ini yang bukan pengaruh Sumpah Pemuda terhadap perjuangan mewujudkan lndonesia merdeka adalah....
a. Membangkitkan semangat pejuangan untuk mencapai lndonesia merdeka
b. Membangkitkan semangat persatuan dan kabangsaan lndonesia
c. Mendorong semua partai politik bergabung sebagai wadah pemersatu
d. Mendorong pertumbuhan bahasa lndonesia sebagai alat pemersatu
Jawaban C

43.    Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita cita lndonesia merdeka melaksanakan dengan taktik kooperasi, artinya....
a. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi lndonesia
b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda
c. Menolak kerjasama dengan pemerintah Belandaa
d. Melakukan aksigerakan politik di bawah tanah
Jawaban B

44.     Yang tidak termasuk hasil konggres Pemuda kedua adalah ....
a. Organisasi pemuda berwatak kedaerahan
b. lndonesia Raya sebagai lagu kebangsaan
c. Diterimanya ikrar Sumpah Pemuda
d. Bendera Merah Putih sebagai bendera lndonesia
Jawaban A

45.    Latar belakang berdirinya Budi Utomo adalah…
a. Terjadinya persaingan dengan pedagang China
b. Terbukanya kesempatan bagi bumiputera untuk berpolitik praktis
c. Terbukanya peluang bagi pribumi untuk menjabat pegawai pada birokrasi kolonial
d. Dilancarkannya gerakan penggalangan beasiswa bagi pelajar-pelajar Jawa oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo
Jawaban D

46.    Salah satu faktor yang melatarbelakangi munculnya kebangkitan nasional di Indonesia, adalah…
a. Akibat pelaksanaan politik Gubernur Jenderal de Jong
b. Penderitaan bangsa Indonesia
c. Pengaruh terbitnya buku Max Havelaar
d. Kemenangan Jepang atas China tahun 1905
Jawaban B

47.    Sikap warga negara yang mencerminkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air Indonesia adalah antara lain....
a. bangga menggunakan barang produksi luar negeri
b. bangga menggunakan barang produk dalam negeri
c. selalu beranggapan produksi luar negeri lebih bagus
d. menganjurkan teman untuk memakai produk luar negeri


48.    Di zaman media sosial sekarang ini, kita seringkali dihadapkan dengan pemberitaan yang negatif dan menjelek-jelekan satu sama lain. Salah satu sikap pelajar dalam menghadapai info yang menyesatkan (hoax) adalah
a. mencari kebenaran berita atau informasi tersebut
b. menyebarluaskan informasi atau berita tersebut
c. menyimpan informasi atau berita tersebut
d. acuh tak acuh terhadap informasi atau berita tersebut.

49.    Perhatikan Pernyataan Berikut ini
1) Masa penjajahan Belanda
2) Perasaan Senasib
3) Kebangkitan Nasional
4) Perang Dunia II
5) Sumpah Pemuda
6)  Proklamasi Kemerdekaan
Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia ditandai dengan
a. 1,2,3,dan 4
b. 2,3,5, dan 6
c. 2,4, 5 dan 6
d. 3,4, 5 dan 6

50.    Salah satu tantangan atau hambatan generasi muda Indonesia dalam menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam sumpah pemuda sekarang ini adalah ....
a. sulitnya menciptakan lapangan pekerjaan
b. kompetisi hidup yang semakin tinggi
c. penyerapan unsur-unsur budaya asing       
d. hilangnya rasa bangga terhadap daerah

Baca Juga .

Latihan Soal PAT (UKK) PAI Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) IPA Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) IPS Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Matematika Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Bahasa Inggris Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Seni Budaya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Penjasorkes Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Latihan Soal PAT (UKK) Prakarya Kelas 8 Semester Genap Kurikulum 2013 ---DISINI----

Demikian info tentang contoh soal dan Jawaban latihan PAT (UKK) PKn / PPKN SMP/MTS Kurikulum 2013, semoga bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses.





= Baca Juga =



Post a Comment

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter