TUTORIAL CARA MUDAH MEMBUAT SOAL ONLINE

  Tutorial Cara Mudah Membuat Soal Online


Tutorial cara mudah membuat Soal Online. Bagi Bapak Ibu yang tertantang untuk membuat Soal Online, pada kesempatan ini Admin akan berbagi Tutorial Cara Mudah Membuat Soal Online berikut Contohnya. Dengan segala keterbatasan yang Admin milik, untuk membuat soal Online yang mudah, Admin merekomendasi menggunakan jotform.com, karena tampilan soal atau pertanyaan akan menyesuaikan dengan media yang digunakan oleh siswa. Pertanyaan atau soal yang kita buat, baik di akses melalui HP maupun Laptop  tidak terpotong-potong. Hasil jawaban siswa akan terkumpul dalam email yang sudah kita setting. Contoh Tampilan Soal Online tersebut dapat dilihat di bawah posting ini.


Bagaimana Cara mudah membuat Soal Online?
·          Pertama Anda login ke https://www.jotform.com/ bisa Sign dengan Akun Google. Anda bisa ambil versi FREE. Supaya promo berbayar tidak muncul klik Never show this again  
·          Kedua, Klik Create a Form pilih Star From Scratch, kemudian pilih Classic Form
·          Ketiga, Pada Kolom HEADING bisa diganti dengan Judul Tes misalnya Penilaian Akhir Tahun PPKn SMP
·          Keempat, Drag fiture FULL NAME atau Short Text Entry yang ada di sebelah kiri, simpan di bawah HEADING. Ganti First Nama = dengan nomor Peserta Ujian, dan Last Name dengan Nama Peserta. Cara lainnya dengan memilih fiture Short Text Entry, drag sesuai tempat yang diinginkan. 
·          Kelima, Drag fiture TEXT (PARAGRAF) yang ada di sebelah kiri, simpan di bawah FULL NAME atau Pada kolom Drag Question, drag atau pindahan fiture Teks yang ada di sebelah kiri. Kemudian Isi kolom teks itu dengan pertanyaan dan pilihan jawaban.
·          Keenam Drag LONG TEXT ENTRI, simpan di bawah fitur TEXT (PARAGRAF), fitur ini berguna untuk siswa menginput Jawaban.
(Catatan: Saya sarankan menggunakan fitur text daripada Multiple Choice, karena menggunakan fiture teks agak lebih praktis daripada memilih fiture Multiple Choice)
·          Untuk membuat soal berikutnya tinggal klik ADD NEW PAGE HERE , kemudian ikuti langkah Kelima dan Keenam pada Penjelasan di atas.
·          Setelah selesai Anda tinggal mengubah SETTING sebagai tempat atau sarana menyimpan Jawaban Siswa, Caranya Klik SETTING yang ada disamping BUILD dan PUBLISH, kumdian pilih EMAIL selanjutnya klik tanda (+), Jika tidak ada perubahan Email atau Jawaban siswa akan masuk ke Email yang Anda gunakan untuk Login, Anda tinggal mengklik SAVE.
·          Terakhir Klik PUBLISH ambil alamat URL Soal Anda  untuk di bagikan ke siswa (DIRECT LINK OF YOUR FORM) atau Copy Embed untuk selipkan di blog Anda. Selesai sudah membuat Soal Online, selamat memcoba.

Bagi Anda yang penasaran Coba Jawaban Contoh Soal Online yang saya buat di bawah ini, hanya 7 Soal. Jangan Lupa Isi Nomor TES dan NAMA (boleh sembarang saja). Setelah selesai menjawab pertanyaan klik SUMBIT. Kemudian cek Jawaban Anda melalui link yang saya siapkan.


Link Cek Jawaban (DISINI)


Lihat tampilan soal di HP atau dihalaman khusus (disini)


Baca Juga: Cara menyimpan Jawaban Siswa melalui aplikasi jotform.com agar otomatis tersimpan dalam format Excel dan Aplikasi Pemeriksaan Otomatis Soal Latihan Online (Daring) ----disini-----

Demikian Informasi tentang Cara mudah membuat Soal Online. Semoga ada manfaatnya. Jangan lupa untuk selalu menanti update ainamulyana.bloggspot.com. serta membagi info (bukan mengcopas) dari blog ainamulyana.blogspot.com yang Anda anggap bermanfaat. Terima kasih.



= Baca Juga =



8 comments:

  1. artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi absensi fingerprint berbasis sms gateway terintegrasi langsung dengan Hp orangtua siswa, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi website kami www.schoolmantic.com

    ReplyDelete
  2. mohon kirimkan model atau format kerja kepala sekolah dan guru selama pandemi covid 19

    ReplyDelete
  3. Post dunk om Aina yang cara buat soal Google form. Makasih.

    ReplyDelete
  4. ikut coment ya ,,, untuk jotform free ,,,pembuatan soal masih dibatasi 5 butir soal saja. agar bisa digunakan untuk butir soal yang jumlahnya lebih banyak maka seperti aplikasi yang lainnya berbayar. sangat bermanfaat. Mari kita tahun ajaran 2020/2021 selamat datang New Normal dengan pembelajaran online,,penilaian online secara baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jotfrom free jumlah soal tidak dibatasi yang dibatasi jumlah pemakai, memang sebaik pakai yang berbayar supaya pemakaiannya lebih banyak

      Delete
  5. Aplikasi apa pak yg dipakai untuk buat soal online yg bisa klik langsung jawaban plus respon jawaban salah atau benar seperti pada postingan yg lain di blog bapak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk contoh yang ada di blog saya nggak pakai aplikasi. Itu cuma setting benar atau salah sesuai Kunci jawaban mellaui script HTML

      Delete

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter