CARA MENYELAMATKAN DIRI DARI TSUNAMI

Bagaimana Cara menghindari Tsunami atau Menyelamatkan Diri dari Tsunami? Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan mencapai 900 km per jam atau Iebih, terutama diakibatkan oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut.


Kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. Di laut dengan kedalaman 7000 m misalriya, kecepatannya bisa mericapai 950 km/jam. Kecepatan ini hampir sama dengan kecepatan pesawat jet. Namun demikian tinggi gelombangnya di tengah laut tidak Iebih dan 60 cm. Akibatnya kapal-kapal yang sedang berlayardiatasnyajarang merasakan adanya tsunami.

Di laut, gelombang tsunami akan memiliki kecepatan yang besar dengan tinggi gelombang yang rendah, sedangkan pada saat mencapai laut dangkal, teluk atau muara sungai, kecepatan gelombang tsunami menurun, namun ketinggian gelombang meningkat dan bersifat merusak.

Istilah tsunami berasal dan bahasa Jepang Tsu artinya pelabuhan dan nami artinya gelombang laut. Dan kisah inhlah muncul istilah tsunami. Awalnya tsunami berarti gelombang laut yang menghantam pelabuhan.

Sebelum mengenal Cara menghindari Tsunami, terlebih dahulu mari kita mengenal Penyebab Terjadinya Tsunami. Tsunami terutama disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut. Tsunami yang dipicu akibat tanah Iongsor di dasar laut, letusan gunung api dasar laut, atau akibat jatuhnya meteor jarang teijadi.

Apakah semua gempabumi mengakibatkan Tsunami? Tidak semua gempabumi mengakibatkan terbentuknya tsunami. Syarat terjadinya tsunami akibat gempabumi adalah:
1.    Pusat gempa terjadi di dasar laut,
2.    Kedalaman pusat gempa kurang dan 60 km,
3.    Magnituda Iebih besar dan 6.0 Skala Richter, dan
4.    Jenis patahan adalah yang memiliki dislokasi vertikal, yaitu sesar naik dan sesar turun (biasanya akibat zona subduksi)

Sekarang kita bahas Cara menghindari Tsunami atau Cara Menyelamatkan Diri pada saat Tsunami. Lebih lengkap tentang Cara Menyelamatkan Diri dari Tsunami silahkan perhatikan langkah langkah di bahwa ini.

 Cara Menyelamatkan Diri pada saat Tsunami


 Cara Menyelamatkan Diri dari Tsunami


Berikut Keterangan Gambar tentang Cara menghindari Tsunami atau Menyelamatkan Diri pada saat Tsunami. Jika berada di sekitar pantai, terasa ada guncangan, air pantai surut secara mencolok, sehingga muka pantai terlihat Iebih luas dan banyak ikan tertinggal di pantai, segeralah Iari menuju ke tempat yang tinggi (perbukitan atau bangunan tinggi) sambil memberitahukan teman-teman yang lain.

Seberapa pun parah rumah anda akibat gempa bumi janganlah anda berupaya merapikan keadaan rumah anda. Ancaman berikutnya yang akan datang adalah tsunami. Memang, tidak setiap gempa bumi memicu terjadinya tsunami. Tetapi jika datang sirine bahaya atau pengumuman pihak berwajib akan bahaya tsunami cepatlah menyingkir dari pantai.

Segeralah mengajak keluarga, teman-teman, atau orang-orang di sekitar kita untuk menyelamatkan diri dari gelombang yang akan datang dengan cara mencarii tempat yang lebih tinggi seperti gedung atau bukit.

Untuk kapal yang ada di lautan. Dari petugas di darat, kapten kapal mengetahui akan terjadinya tsunami sehingga kapal dilarang untuk berlabuh di pelabuhan. Kapal dan perahu yang tengah berlabuh juga diperintahkan untuk berlayar meninggalkan pelabuhan ke tengah laut.





= Baca Juga =



No comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Theme images by Maliketh. Powered by Blogger.
Back to Top


































Free site counter


































Free site counter