Latihan Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024 2025

Latihan Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024 2025
Latihan Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024 2025



Latihan Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024 2025Apa tu Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru? Sebagaimana diketahui Pelamar dari kategori eks THK-II dan Guru non ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa kerja paling rendah 3 (tiga) tahun mengikuti seleksi kompetensi yang terdiri atas kompetensi teknis berupa penilaian situasi kerja sederhana, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural, serta wawancara. Sedangkan Pelamar lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan guru yang terdaftar di Dapodik mengikuti seleksi kompetensi yang terdiri atas kompetensi teknis sesuai bidang jabatan, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural, serta wawancara. 

Berikut ini adalah Latihan Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2024  yang didesain ala games sederhana


DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan jawaban dapat dilihat langsung pada notifikasi. Selamat mencoba. 


 
36Bu Sri Endar mengajar pada sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelas Bu Sri Endar sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan.
Dari buku paket, Bu Sri Endar mendapati latihan yang harus dikerjakan murid ialah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sri Endar ialah .... 
A. meminta murid agar mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket 
B. melewati bagian latihan tersebut serta melanjutkan ke materi berikutnya 
Cmengajak murid untuk melakukan pengawetan memakai teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya 
Dmengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerah itu


37. Berikut ialah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan di pendidikan di sekolah ….
A. Mengajari murid-murid materi mengenai kebudayaan
B. Guru membuatkan peraturan yang mesti dipatuhi di dalam kelas
C. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
D. Murid-murid bebas untuk mengikuti maupun tidak mengikuti kegiatan belajar yang diterapkan guru di sekolah

38. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Marni mendapat kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia.
Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi.
Saat kembali ke sekolahnya, Bu Marni menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid.
Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Marni di atas adalah. 
A.   Hal itu tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum  
B.  Hal itu tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan 
C.  Hal itu akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya 
D.  Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid


Berikut ini Lanjutan Latihan Soal Tes SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Tahun 2024


39.  Berikut ialah langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ….:...
A. Memahami peran diri sebagai pendidik.
B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik
C. Membuat perencanaan dari kegiatan belajar.
D. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar dari murid-murid.


40. Di dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Titing mendorong murid agar membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.
Supaya murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Titing sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali . . . . .
A. meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B.  mengajak murid untuk mengantisipasi sesuai konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan
C.  membimbing murid menyusun rencana kegiatan aksi yang akan dilakukan
D. meminta murid menginventarisir bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan aksi akan dilakukan

Kembali ke Soal Latihan SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Nomor 31 - 35 (disini)
Kembali ke Soal Latihan SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Nomor 26 - 30 (disini)
Lanjut ke Latihan Soal SJT (Situational Judgement Test) PPPK Guru Nomor 41-50 (disini)

Demikian contoh sederhana Latihan Soal SJT PPPK Guru Tahun 2024 2025Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
====================================




= Baca Juga =



1 Comments

Maaf, Komentar yang disertai Link Aktif akan terhapus oleh sistem

Previous Post Next Post


































Free site counter


































Free site counter